Rabu, 11 November 2009

Wawali Kecewa Data Korban Gempa di Lelamase

Kota Bima, Bimeks.-
Wakil Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin, meninjau korban gempa di Kelurahan Lelamase dan Penatoi, Rabu (10/11). Namun, buncahan ke-kecewaan meluncur deras sikap Wawali. Begitu tiba di lokasi, Wawali mendatangi rumah yang dilaporkan rusak.
Saat itu, Qurais mengaku kecewa pada aparat pemerintah kelurahan Lelamase karena yang dilaporkan pihak Kelurahan Lelamase tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Faktanya, bangunan yang mengalami kerusakan ringan, dalam laporannya dimasukan kategori bangunan rusak berat. “Ini adalah masalah sosial yang perlu kita tanggulangi bersama, saya mohon agar masyarakat Lelamase jangan menimbulkan masalah sosial yang baru,” ujarnya.
Qurais mengaku kecewa terhadap apa yang dilihatnya dan akan meminta pertanggungjawaban Lurah Lelamase, Imran HAR dan Camat Rasanae Timur, H Samaila berkaitan dengan data korban gempa Lelamase yang dianggapnya fiktif. Qurais menilai jumlah kerusakan berat di Lelamase diperkirakan hanya 5 persen. “Saya butuh data riil, kita akan bantu korban yang benar-benar membutuhkan dan yang rumahnya benar-benar hancur,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, ratusan bungkus sembako diserahkan pada pemerintah kelurahan kepada masyarakat. Qurais berharap agar pihak kelurahan mendata ulang agar tidak terjadi diskriminasi sosial. Selain itu, beberapa bantuan juga diberikan, seperti lima buah tenda, selimut, dan tikar.
Setelah dari Lelamase, rombongan menuju Kelurahan Penatoi untuk meninjau korban gempa lainnya. Di Penatoi, Qurais puas laporan pihak kelurahan yang dianggapnya sesuai dengan fakta lapangan.
Bagi korban gempa di Penatoi dengan tingkat kerusakan berat dan belum mendapatkan bantuan, Qurais langsung menginstruksikan pada Kadis Sosial, Drs Tajuddin, agar secepat mungkin menyalurkan bantuan. Sumber bantuan itu dari tanggap darurat bencana alam Kota Bima.
Dalam peninjauan pada wilayah yang dilabrak gempa itu, Wawali didampingi Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Drs Tajuddin, dan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Bima, Ir Muhammad Rum.
Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kota Bima, jumlah kerusakan fisik di khusus Kelurahan Lelamase kerusakan rumah kategori besar sebanyak 12 unit, sedang (113), ringan (265), kerusakan infrastruktur (2), ringan 2 unit. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar