Senin, 23 November 2009

Dikes Siapkan Kendaraan bagi Tenaga Kesehatan

Kota Bima, Bimeks.-
Untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat, berbagai terobosan dilakukan Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima. Selain program-program pelayanan kesehatan terpadu yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat, peningkatan mutu sarana dan prasarana kesehatan pun tak luput dari atensi Dikes Kota Bima.
Untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap sarana pelayanan kesehatan, Dikes gencar merehabilitasi dan pembangunan sarana kesehatan pada berbagai tempat.
Selain itu, pengadaan fasilitas pendukung bagi kelancaran pelaksanaan tugas tenaga kesehatan meliputi kendaraan roda dua, komputer dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang saat ini tinggal didistribusikan pada setiap unit-unit pelayanan kesehatan di lingkungan Dikes Kota Bima seperti, Puskesmas, Poskesdes, Pustu dan Posyandu.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikes Kota Bima, Jufri, S.Sos, menjelaskan, khusus kendaraan roda dua, saat ini sebanyak 20 unit menggunakan anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) APBD 2009 dengan pelaksana proyek CV Maulana. Kendaraan itu dialokasikan bagi bidan desa untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas yakni, kecepatan dan ketepatan pelayanan. Seperti program-program kegiatan Posyandu.
“Tujuannya, memaksimalkan pelayanan 100 persen kelahiran oleh tenaga kesehatan,” katanya, Jumat (20/11) di Dikes Kota Bima.
Selanjutnya, awal tahun 2010 akan direncanakan pertemuan untuk membahas kebijakan pelayanan bidang kesehatan. “Termasuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan yang optimal,” ujarnya.
Sebelumnya, seperti yang dilansir Bimeks, Senin (9/11) lalu, pengadaan 20 unit kendaraan roda dua dan 20 unit komputer, serta fasilitas pendukung lainnya dilakukan. Hal itu menyusul pembangunan seluruh sarana kesehatan, yaitu rehab berat Pustu Paruga, pembangunan Puskesmas Plus Rasanae Timur, rehabilitasi Polindes Kolo, rehabilitasi berat Polindes Penaraga, peningkatan Polindes menjadi Poskesdes Oi Fo’o, dan pembangunan lanjutan Poskesdes Sadia, Poskesdes Nae, dan Poskesdes Rontu.
Selain itu, pembangunan pagar keliling Polindes Melayu, Polindes Oi Niu, dan Polindes Tanjung. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar