Minggu, 29 November 2009

Anggota DPD RI Kunker di Kabupaten Bima

Bima, Bimeks.-
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Prof Dr Farouk Muhammad dan sejumlah wakil rakyat lainnya, mengunjungi Kabupaten Bima untuk meninjau korban bencana alam dan bertemu dengan masyarakat desa Ngali dan Renda.
Tujuannya mencari solusi agar perdamaian antarwarga dua desa terwujud.
Pertemuan berlangsung di aula kantor Camat Belo, Minggu (29/11) dan dihadiri Bupati Bima, Camat Belo, Kapolres Bima, dan wakil masyarakat dua desa.
Saat itu, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST, mengaku telah melakukan berbagai cara dengan mengislahkan warga dua desa, itu salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah.
Selanjutnya, bekerja sama dengan aparat keamanan dengan berpatroli rutin dan menyisir senjata tajam (Sajam) pada rumah penduduk.
Katanya, dengan patroli, sedikit demi sedikit upaya pemerintah daerah berhasil mengatasi pertikaian dan roda perekonomian kembali normal, meskipun masih dalam tegang.
Bagaimana dengan Farouk? Pria kelahiran Bima berpangkat jenderal bintang dua itu mengakui, kedatangannya ke Kabupaten Bima atas desakan dari tokoh Bima di Jakarta untuk mengetahui permasalahan apa yang terjadi di antara warga Ngali dan Renda.
Dia berharap momentum kedatangannya bersama anggota lainnya bisa mengetahui solusi yang harus dilakukan supaya pertikaian ini dapat diselesaikan secepat mungkin agar korban tak berjatuhan lagi.
Solusi yang ditawarkannya, salah satunya menghidupkan kembali Forum Kerukunan Keluarga Belo Selatan (KKBS) yang personelnya mencakup aparat keamanan, tokoh agama, tokoh masyarakat, Polmas bagi dua desa itu. Forum diharapkan dapat meredam pertikaian.
“Tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat berperan dalam meredam perkelahian sehingga keadaan dua desa aman,” katanya dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda, Abdul Wahab, SH.
Menurut Farouk, untuk meredam aksi yang berkepanjangan, diperlukan suatu proses penyelesaian dan forum KKBS diharapkan menekan terjadinya aksi yang berkepanjangan.
Saat itu, anggota DPD RI diwakili Baiq Diyah Ratu Ganefi, SH, menyerahkan bantuan bagi masyarakat yang kena bencana gempa, beberapa waktu yang lalu. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh Bupati Bima, H Ferry Zulkarnain, ST. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar