Minggu, 29 November 2009

Ponpes Al-Husainy Salurkan Daging Qurban

Kota Bima, Bimeks.-
Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Husainy menyembelih hewan kurban di halaman asrama santriwati setempat, Jumat, (27/11) sekitar pukul 09.00 Wita. Penyembelihan dilakukan KepalaMadrasah Aliyah (MA) Al-Husiny, H Ahmad, SAg. Hewan qurban itu berasal dari para donatur yang memercayakan Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Bima untuk mengelolanya.
Jumlah hewan kurban yang disembelih di Ponpes Al-Husainy sebanyak sebelas ekor kambing dan enam ekor sapi. Salah satunya, satu ekor sapi dari Wakil Wali Kota Bima H Qurais H Abidin dan satu ekor kambing dari keluarga PLN, Kalinusa Sukamto.
Ponpes Al-Husainy ditunjuk sebagai pusat penyembelihan dan distribusi hewan qurban berdasarkan instruksi Wali Kota Bima, Drs HM Nur A Latif, pada pimpinan Ponpes Al-Husainy Drs H Ramli Ahmad. Amanah itu ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia kecil dengan melibatkan wartawan dalam pengawasan. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyaluran yang tidak tepat sasaran.
Ketua panitia, H Ahmad, Sag, melaporkan blebih dari seribu fakir, miskin, kaum duafa dan anak yatim-piatu tersebar di 38 kelurahan dan mendapatkan daging kurban. Penyaluran daging qurban berdasarkan pendataan oleh perangkat kelurahan yang masuk ke panitia penyembelihan dan penyaluran Ponpes Al-Husainy. “Saya berharap di tempat penyembelihan lain, proses penyalurannya tepat sasaran,” harapnya.
Ahmad melaporkan, seluruh hewan kurban telah melewati pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat. Hal itu dibenarkan drh Riyono, petugas pemeriksaan kesehatan hewan (Keswan). “Setelah pemeriksaan secara teliti dan mendalam, semua hewan kurban dinyatakan sehat. Saya belum tau persis pada lokasi penyembelihan lain,” ujarnya.
Koordinator penyaluran daging qurban, Nurdin Mansyur, SSos, mengaku puas dengan banyaknya jumlah daging kurban yang disalurkan. Diakuinya, ada juga beberapa orang yang pada saat penyaluran tidak ada di tempat, disepakati menitipkannya pada tetangga dekatnya.
Katanya, penyaluran dilakukan dua hari, karena pada hari pertama Jumat, sehingga waktu yang digunakan sangat sedikit. Hari pertama lima ekor sapi dan satu ekor kambing disembelih, sisanya pada Sabtu (28/11).
Pimpinan (Ponpes) Al-Husainy , Drs H Ramli Ahmad, mengaku pola yang diterapkan panitia sangat baik, dan mereka bekerja bermodalkan niat ibadah. “Saya juga sepakat untuk melibatkan media sebagai lembaga pengawas dalam penyembelihan dan penyaluran,” ujarnya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar