Senin, 23 November 2009

Belum Genap Setahun, Gedung SDN 44 Direhab lagi

Kota Bima, Bimeks.-
Belum genap setahun dibangun, lima lokal bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 44 Kota Bima direhab ulang sejak awal November 2009 lalu. Rehab ulang itu dilakukan setelah direstui Pemerintah Kota Bima melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).
Kepala SDN 44 Kota Bima, Hj Sofiah H Ismail, SPd, mengaku, kondisi bangunan lokal kelas seluruhnya keropos, sehingga harus diubuhkan hampir rata dengan tanah dan dibangun kembali dengan DAK tahun 2009. “Bangunan tidak bisa digunakan karena seluruhnya keropos, tidak mungkin bisa kita gunakan lagi bisa berbahaya bagi murid, yang kita gunakan hanya dasarnya saja kita lanjutkan pembangunannya saat ini,” ujar Sofiah di sekolah setempat, Kamis (19/11).
Sofiah mengaku, pembangunan lima lokal di sekolah itu dimulai sejak awal November lalu dengan total pagu dana Rp380 juta, meskipun segera memasuki batas pengerjaan akhir tahun 2009 ini. Hingga saat ini, bangunan di sekolah itu baru memasuki sekitar 40 persen. Aliran dana untuk pembangunan dilakukan secara bertahap tiga termin.
“Saat ini baru termin pertama, tapi soal jumlah dana termin pertamanya tidak bisa kami beberkan,” tandasnya.
Mengenai tanggungjawab bangunan lama, Sofiah enggan menjawabnya, karena pengerjaanya sebelum menjabat di di sekolah setempat. “Saya tidak tahu persis, karena saya juga masih baru di sini. Namun, pengerjaan bangunan ini kita gunakan jasa tukang dari Mande, dari orang tua siswa,” katanya.
Selain lima lokal bangunan itu, sebelumnya satu lokal bangunan di sekolah itu berasal dari dana ADB tahun 2008 lalu. Secara umum, proses belajar-mengajar menggunakan ruangan tersebut.
Pada bagian lain, sejumlah sumber di Mande, menyebutkan, proses pembangunan SDN 44 Kota Bima dipihakketigakan. Sejumlah pihak juga menduga, pembangunan lima lokal di sekolah itu tidak sesuai RAB karena melanjutkan bangunan yang lama. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar