Senin, 23 November 2009

Lombok Timur Bantu Korban Gempa

Kota Bima, Bimeks.-
Bantuan tanggap darurat bencana alam berupa Sembako diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur kepada para korban bencana di Kota Bima. Bantuan itu diterima Wali Kota Bima, Drs HM Nur A Latif didampingi Wakil Wali Kota H Qurais H Abidin.
Paket bantuan itu diserahkan Wakili Bupati (Wabup) HM Syamsul Lutfi, Sabtu (21/11) di ruang rapat Wali Kota Bima.
Saat itu, Wabup Lotim menyaksikan pemutaran video kerusakan akibat gempa. Nur Latif pun menjelaskan lokasi yang mengalami kerusakan berat akibat guncangan gempa Senin (9/11) lalu. Dilaporkannya, Kota Bima saat ini telah melewati tanggap darurat tahap pertama yakni selama satu minggu, hal itu merupakan kebijakan yang seharusnya selama dua minggu sesuai dengan Undang-Undang Tanggap Darurat. “Satu minggu tahap kedua kami manfaatkan untuk pendataan ulang agar bantuan tanggap darurat tepat sasaran,” ujarnya.
Dikatakannya, nilai kerusakan nfrastruktur dan perumahan mencapai Rp101.800 miliar dan telah dilaporkan pada Gubernur NTB, HM Zainul Majdi, MA, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN), dan pihak yang berkaitan di Jakarta. Selanjutnya akan dilakukan rekonstruksi dan rehabilitasi secara efektif.
Nur Latif menyampaikan terimakasih pada Pemkab Lotim atas bantuan dan doa tulus untuk warga Kota Bima. Dia berharap agar pemerintah pusat secepat mungkin menindaklanjuti laporan yang telah dikirim dan masyarakat Bima tidak menangis lagi dan bangkit dari keterpurukan.
Apa kata Wabup Lotim? Dia menyampaikan belasungkawa bagi warga Kota Bima yang terkena musibah gempa bumi dan berdoa agar bencana itu hilang selamanya. Diakuinya, Kota Bima telah mengalami kerugian besar dan perlu pembenahan ulang secara efektif.
Syamsul mengaku kedatangannya selain menyalurkan bantuan, juga ajang silaturrahmi untuk saling tukar pikiran dalam hal pembangunan. Diakuinya Kota Bima sebagai pusat belajar pembangunan dan penataan daerah yang sukses. “Kami harus banyak belajar pada Pemkot Bima, terutama Wali Kota dan Wawali terkait dengan pembangunan infrastruktur,” ujarnya.
Selain motivasi pembangunan, Syamsul mengaku akan banyak belajar penataan masyarakat yang homogen, sehingga tercipta kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.
Pada akhir sambutannya, dia mengharapkan agar Pemkot Bima dan masyarakat menerima bantuan itu dengan ikhlas. “Kami mewakili seluruh Pemkab dan masyarakat Lotim berharap semoga Kota Bima tetap tabah dalam menghadapi ujian ini,” ucapnya.
Setelah itu, Wabup Lotim HM Syamsul Lutfi menyerahkan secara simbolis bantuan Sembako untuk Kota Bima yang diterima Wawali H Qurais H Abidin. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar