Senin, 30 November 2009

Kasek SMPN 1 jadi Pemateri Seminar Nasional

Kota Bima, Bimeks.-
Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Bima, Abdul Karim, SPd, MPd, satu-satunya di Provinsi NTB yang mendapat kehormatan dari PNPTK Jakarta untuk menjadi penyaji atau pemateri pada seminar nasional “The Best Practisis in Study”. Seminar itu memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Rabu (25/11) lalu di Jakarta. Penunjukkan Karim karena prestasi dan karyanya untuk dunia pendidikan.
Selain SMPN 1 Kota Bima, SMAN 1 Magelang juga mendapat kehormatan tampil dihadapan 2.300 guru, pengawas, dan Kasek se-Indonesia.
Karim menambahkan, pemilihan penyaji itu didasarkan atas prestasi sekolah dalam berbagai ajang dan kreatifitas yang dilombakan. SMPN 1 Kota Bima masuk dalam finalis sekolah terbaik nasional. “Saya merasa terbebani dengan berbagai prestasi sekolah, sebab hal itu akan menuntut kinerja Kasek dan guru agar lebih maju lagi,” ujarnya di sekolah setemapat, Senin (30/11).
Mengenai prestasi siswa, dia mengaku konsep yang diterapkan untuk proses Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) harus menggunakan teknik pembelajaran inovatif. Hal itu didukung terobosan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berteknologi tinggi dan saat ini SMPN 1 Kota Bima telah memiliki enam kelas RSBI.
Untuk memajukan sekolah dan mendongkrak minat belajar siswa, Karim berharap seluruh gurung bidang studi tidak terlalu ekstrim dalam pengajaran. Sebab, hingga saat ini masih ada siswa yang mengaku sekolah sama dengan penjara.
Betapa tidak, pergantian mata pelajaran dari jam ke jam dapat menurunkan stamina dan gairah belajar siswa, sehingga kualitas akhir tidak sesuai dengan tuntutan jaman yang berdaya saing. “Kalau terus diforsir, siswa pasti akan stres. Jadi guru harus dapat melihat secara psikologis perkembangan kemampuan belajar siswa,” pesannya.
Karim berharap, agar beberapa sekolah menengah di Kota Bima terus berpacu meningkatkan mutu pendidikan. Dia juga mengharapkan dukungan kuat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berkaitan dengan pengembangan kemajuan mutu pendidikan. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar