Minggu, 29 November 2009

Perahu Bantuan DKP belum Dioperasikan Nelayan

Kota Bima, Bimeks.-
Sejumlah perahu bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, beberapa waktu lalu, belum dimanfaatkan oleh nelayan untuk melaut. Pasalnya, perahu yang ditengarai bocor hingga tidak layak pakai itu, kondisinya belum diperbaiki.
Dari pantauan Bimeks, Rabu (25/11) siang, terlihat beberapa perahu bantuan DKP masih diparkir begitu saja tanpa ada tanda-tanda khusus dioperasikan oleh nelayan penerima bantuan. Seorang nelayan penerima bantuan perahu kepada wartawan mengaku, hingga saat ini tidak dapat mengoperasikan bantuan itu, karena kondisinya masih bocor dan tidak layak pakai. Selain itu, bentuk dan modelnya tidak sinkron dengan kegiatannya sebagai nelayan yang menggunakan pukat, karena tidak dilengkapi dengan mesin penggerak.
“Sampai saat ini perahu itu sama sekali tidak bisa kita pakai untuk menangkap ikan, karena kondisinya belum diperbaiki dan tidak sesuai dengan keadaan kami,” katanya Rabu (25/11).
Diakuinya, bersama nelayan lain, kecewa dengan bantuan itu. Sebab, upaya pemerintah untuk memberdayakan ekonomi nelayan tidak sesuai dengan kenyataan. “Bantuan perahu yang diberikan ini bukannya membantu, tetapi membanting semangat nelayan menangkap ikan dilaut,” pungkasnya.
Sebelumnya, seperti yang dilansir Bimeks tiga pekan lalu, Pemkot Bima melalui DKP Kota Bima, memberikan bantuan 15 unit perahu bagi kelompok nelayan tradisional Kota Bima. Bantuan dimaksudkan untuk pemberdayaan ekonomi nelayan dengan pagu dana Rp50 juta dari DAK APBD 2009.
Namun, belakangan bermasalah karena semua perahu bantuan itu bocor hingga tidak layak pakai. Hal itu menjadi sorotan publik, termasuk anggota DPRD Kota Bima. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar