Jumat, 20 November 2009

Lahan Mengering, Petani Nungga Menjerit

Kota Bima, Bimeks.-
Perwakilan petani di Kelurahan Nungga Kecamatan Rasanae Timur, Kamis (19/11), melaporkan kondisi lahan pertaniannya yang mengering karena jauh dari sarana irigasi. Keluhan itu dilaporkan kepada Wakil Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin.
Nah, untuk merespons jeritan hati petani itu, Qurais meninjau lokasi pertanian setempat, Jumat, (20/11).
Ke lokasi, Wawali bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Ir Hj Rini Indriati, dan Kadis Pekerjaan Umum, Ir Muhammad Rum. Qurais prihatin dengan kondisi lahan pertanian yang mengering itu.
Saat itu, petani setempat, H Yusuf, melaporkan dalam setahun petani hanya menanam sekali saja, tepat pada musim hujan. Hal itu karena sumber air untuk irigasi relatif jauh, sekitar dua kilometer. Saat musim panen ketiga, sebagian besar mengalami gagal panen. “Sebagiannya lagi ada yang panen, tapi hasilnya sangat jauh dari yang diharapkan,” katanya di lokasi, kemarin.
Dia meminta agar dibuatkan satu bendungan lagi sebagai penunjang irigasi atau memberikan bantuan penggalian beberapa sumur bor untuk mengatasi kondisi itu demi kesejahteraan petani. “Kalau sudah kering silakan coba digarap, saya akan jamin kalau mata bajaknya patah,” ucapnya.
Menanggapi permintaan itu, Qurais mengintruksikan petani untuk bermusyawarah. Selain itu, tetap sabar dalam menghadapi segala masalah. “Insya Allah saya akan membantu semaksimal mungkin demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat saya siap tampil di depan untuk mencarikan solusinya,” ujarnya.
Katanya, persoalan itu akan dilaporkannya kepada Wali Kota Bima, Drs HM Nur A Latif, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima untuk dibahas guna mendapatkan solusi terbaik. Qurais meminta apabila bantuan nanti diberikan, harus memenuhi persyaratan yaitu seluruh petani menanam pepohonan di sekitar sawah untuk penghijauan.
“Saya harus menekan petani untuk menanam pepohonan guna menghidupkan kembali bentuk kota yang hijau, baik di persawahan maupun dalam kota,” tuturnya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar