Senin, 30 November 2009

Camat Woha Dikecam, Dinilai Acuhkan Wabup

Bima, Bimeks.-
Massa mengatasnamakan Komisi Nasional Pemilihan Umum Kepala Daerah Independen Kabupaten Bima, mengecam sikap Camat Woha, Drs Ruslan. Saat shalat Idul Adha di lapangan Garuda, Jumat (27/11) lalu, Ruslan dinilai mengacuhkan Wakil Bupati Bima, Drs Usman AK. Sikap itu dinilai massa tidak etis. Aksi protes pun mereka gelar di kantor Camat Woha, Senin (30/11) siang.
Menurut mereka, saat itu Usman AK duduk di shaf terdepan. Saat sambutan layaknya bawahan terhadap pimpinan, meminta ijin dahulu. Demikian juga dalam sambutannya, tidak menyebut Usman AK, hingga usai shalat Id pun tidak disalami.
Pemandangan itu, menurut wakil massa, tidak etis. Mereka menduga, Camat sengaja melakukannya lantaran Usman AK adalah bakal calon Wakil Bupati. Abdullah Kalate, penanggungjawab aksi, menilai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) seharusnya bersikap netral. Tidak berpihak pada calon tertentu dan memosisikan orang pada tempatnya.
Bagaimana dengan Camat Woha, Drs Ruslan? Dia mengaku apa yang terjadi saat shalat Idul Adha bukan kesengajaan, karena tidak mengetahui ada Wabup Usman AK di lokasi. Selain tidak ada protokoler yang menyampaikan kepadanya. “Persoalan ini jangan dibesar-besarkan,” harapnya.
Sementara itu, H Nur AK, yang hadir saat aksi berlangsung, menilai secara etika pemerintahan sikap camat salah. Apalagi, Usman AK sebagai Wakil Bupati Bima yang sah hingga saat ini.
Dia juga menyoroti perbedaan perlakuan PNS terhadap dua pucuk pimpinan. Bupati Bima H Ferry Zulkarnain ST, diperlakukan berbeda dengan Wabup. Sementara mereka dipilih bersama oleh rakyat, kenyataan itu dilihatnya dari stiker yang terpampang pada semua kendaraan dinas.
Katanya, foto Usman AK saja yang tidak ada. Padahal, pemerintahan ini tetap dibawah kendali Ferry-Usman. Bukan kekuasaan yang diberikan pada satu orang saja. Untuk itu diingatkannya agar PNS tetap menjaga netralitas.
Aksi itu pun mendapat penjagaan dari aparat Kepolisian. Usai menyampaikan aspirasinya, massa pun membubarkan diri. (BE.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar