Minggu, 29 November 2009

120 Tim Berlomba Susuri Alam

Kota Bima, Bimeks.-
Sebanyak 120 tim pencinta alam dari berbagai daerah di pulau Sumbawa, Minggu (29/11), mengikuti lomba lintas alam (LLA) Wali Kota Bima Cup 2009 yang diadakan Komunitas Pencinta Alam (Kopa) Mbojo. Lomba itu memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, yang diperingati beberapa pekan lalu.
Prosesi seremonial lomba dilangsungkan di halaman kantor Pemkot Bima dan dipimpin Wali Kota Bima, HM Nur A Latif. Saat itu, Nur Latif secara simbolis melepas peserta menuju medan tempuh sesuai rute yang ditentukan.
Ketua panitia LLA Wali Kota Bima Cup 2009, M Sudirman, mengatakan, lomba itu salah satu kegiatan yang tercakup dalam program tahunan bidang Diklat dan Pengabdian Masyarakat (DPM) Kopa Mbojo, sengaja dirancang sebagai representasi dari proses pembentukan jiwa dan kepribadian masyarakat, terutama pemuda agar menyatu dengan alam. Dengan demikian, diharapkan memiliki kepekaan sosial terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. “Maksudnya, mengajak masyarakat supaya bersahabat dengan alam, sehingga peristiwa-peristiwa alam seperti bencana kekeringan dapat diminimalisasi,” katanya, Minggu (29/11) di arena lomba.
Selain itu, kata Kabid DPM Kopa Mbojo ini, lomba merupakan media untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah antarsesama. “Lomba ini kami adakan setiap tahun untuk mengeratkan tali persaudaraan antarpemuda dan masyarakat pencinta alam se-Pulau Sumbawa agar tumbuh besar bersama alam,” ujarnya.
Dijelaskannya, peserta berasal dari mahasiswa, pelajar, karang taruna, TNI/Polri, Pol PP, dan pegawai Satker di lingkungan Pemkot dan Pemkab Bima, serta masyarakat umum yang tergabung dalam organisasi pencinta alam lainnya. “Setiap tim terdiri dari empat orang, memperebutkan piala bergilir Wali Kota Bima, Kopa Mbojo, piala tetap, dan Tabanas,” jelasnya.
Jarak tempuh lomba itu sejauh 35 kilometer, berangkat dari halaman kantor Wali Kota Bima, selanjutnya menuju persawahan Mutmainah, pegunungan Kendo, Nggaro Nangga, Oi Mbo, Kadole, ruas jalan lintas Nitu, dam Rontu, kemudian kembali ke kantor Wali Kota Bima. “Kriteria penilaiannya adalah kekompakkan tim, kerapian, kedisiplinan dan ketepatan waktu dari start sampai finish,” katanya.
Disebutkannya, total hadiah yang disiapkan sebesar Rp10 juta, plus piala tetap dan piagam penghargaan dari Wali Kota Bima dan Kopa Mbojo. “Juara lomba, sistem perangkingan yang masuk sepuluh besar dengan catatan waktu terbaik,” tandasnya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar