Senin, 30 November 2009

Warga Mande Diingatkan Waspadai DBD

Kota Bima, Bimeks.-
Beberapa hari terakhir ini, Kota Bima terus diguyur hujan. Masyarakat diharapkan waspada terhadap demam berdarah dan penyakit lainnya seperti kolera dan diare. Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan. Berbeda dengan Kelurahan Mande. Saat ini, terlihat di sepanjang pelataran sungai sampah berserakan. Hal itu dikeluhkan warga setempat, Mahfud MT.
Dia prihatian dengan keadaan itu, saat ini bisa dikatakan pelataran sungai di Mande adalah sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) terbesar. “Saya sangat kuatir terhadap hal itu, apalagi sekarang musim hujan,” ujarnya di Mande Senin (30/11).
Katanya, untuk mencegah kemungkinan terburuk, masyarakat bersama pemerintah kelurahan beserta jajarannya tingkat RT/RW harus memiliki kesadaran penuh untuk membersihakannya. Jumlah mahasiswa yang banyak, bisa diajak membersihkan lingkungan. “Jangan sampai setelah jatuh korban baru menyesal, saya sangat anti hal itu,” ucapnya.
Warga lainnya mengaku gemas dengan jajaran kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan unsur RT/RW yang tidak melihat keadaan lingkungan yang kumuh. Seharusnya, mereka lebih peka terhadap berbagai hal, apalagi masalah kebersihan dan kesehatan.
“Mereka dipilih bukan untuk diam, tapi mereka harus tau dan melihat keadaan wilayah yang semakin hari semakin kotor, apalagi sekarang musim hujan,” ujar sumber itu di Mande.
Sumber itu berharap agar Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima aktif menyosialisasikan masalah kebersihan lingkungan dan dampak yang dihadapi. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar