Selasa, 24 November 2009

Siswa SD di Asakota Bersaing dalam Lomba Pelajaran

Kota Bima, Bimeks.-
Ratusan siswa dari 17 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Asakota, Senin (23/11), ambil bagian dalam lomba pelajaran yang diadakan UPTD Dikpora Asakota. Lomba itu berlangsung di SDN 28 Kota Bima.
Kepala UPTD Dikpora Asakota, Ali Ahmad, SPd, mengatakan, lomba mata pelajaran tingkat SD sengaja dirancang untuk memotivasi siswa agar lebih giat belajar dan meningkatkan prestasi belajar, sekaligus memotivasi guru dalam meningkatkan kinerja dan dedikasinya dalam meningkatan mutu pendidikan.
“Lomba ini terobosan agar meningkatkan motivasi guru mengajar, karena status guru saat ini bukan lagi seperti guru Umar Bakri yang dinyanyikan Iwan Falw. Guru saat ini sudah memilliki kesejahteraan yang cukup,” ujar Ali Ahmad di SDN 28 Kota Bima saat pembukaan lomba.
Menurut Ali, hasil lomba itu merupakan salah satu indikator penting untuk menilai hasil capaian prestasi, kinerja guru, dan kepala sekolah di Kecamatan Asakota. Atau cerminan dari tingkat upaya para pendidik itu mendorong hasil pendidikan. “Lomba mata pelajaran selama ini jarang dilaksanakan, kita harap dengan gagasan ini akan memacu motivasi anak-anak untuk belajar lebih giat. Hadiah lomba ini sendiri disiapkan oleh masing-masing sekolah, karena kita ingin lihat anak-anak didik kita maju,” katanya.
Ali mengatakan, selain lomba mata pelajaran, UPTD Dikpora Asakota juga menyiapkan lomba kebersihan lingkungan dan pekan olahraga seni yang masing-masing akan dilaksanakan awal dan pertengahan Desember mendatang. Sesuai rencana, lomba mata pelajaran dilaksanakan dua hari, 23-24 November di SDN 28 Kota Bima. Sedikitnya ada 17 SD yang ambil bagian dalam lomba itu, meliputi 14 SDN, 2 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan satu SDLB. Lomba mata pelajaran meliputi IPA, matematika, bahasa Indonesia, IPS, PKn, dan Agama.
Diakuinya, lomba pelajaran Agama sengaja disiapkan untuk membentuk watak siswa yang berbudi luhur sesuai dengan nilai agama. “Selama ini kan lomba mata pelajaran agama tidak pernah dilaksanakan. Kita yakin dengan ada lomba mata pelajaran ini juga akan mendorong siswa belajar agama sehingga terbentuk secara dini watak-watak yang mulai dan tidak melenceng nantinya,” katanya.
Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Hardy, MSi, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan lomba itu dna berkontribusi besar bagi perkembangan mutu pendidikan. Salah satunya memotivasi siswa agar belajar lebih giat dan mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan dan prestasinya. “Kita salut apa yang dilaksanakan ini, karena berkontribusi positif bagi dunia pendidikan. Memang sudah saatnya kalangan pendidikan harus lebih jeli terhadap ide-ide dan inovatif meningkatkan pendidikan,” katanya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar