Senin, 23 November 2009

Sepuluh Bidan Dilatih Manajemen Asfiksia Bayi

Kota Bima, Bimeks.-
Pelatihan manajemen Asfiksia bayi baru lahir tingkat Kota Bima dilakukan. Pelatihan itu diikuti puluhan bidan dan berlangsung sejak 20-21 November 2009 di aula Puskesmas Plus Asakota. Tujuannya menyiapkan sumberdaya bidan yang handal dan profesional.
Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) Dikes Kota Bima, Khadijah M Saleh, via telepon membenarkan, pelatihan itu merupakan program dari Dikes NTB yang dilaksanakan oleh Dikes Kota Bima, tujuannya untuk menekan angka kematian ibu dan neonatalnol (Akinol) yaitu bayi berusia 0-1 bulan, dalam rangka menuju NTB yang beriman dan berdaya saing.
Katanya, sasaran dari program pelatihan itu adalah sepuluh bidan desa, mewakili lima Puskesmas yang tercakup dalam wilayah Kota Bima. “Tujuannya, supaya mereka mampu menerapkan tatalaksana pada bayi asfiksia yang baru lahir,” ujarnya Sabtu (21/11).
Dijelaskannya, sepuluh bidan desa yang mengikuti pelatihan itu sudah ditentukan jumlahnya dalam satu paket pelatihan. Jumlah itu dianggap lebih efektif dalam menyerap materi-materi pelatihan dibandingkan bila pesertanya banyak.
“Sebelumnya, pelatihan bagi sepuluh bidan itu menyusul 34 bidan yang telah mengikuti pelatihan yang sama pada program Dikes Provinsi NTB tahun ini. Untuk bidan yang belum mengikuti pelatihan, akan diusulkan kepada provinsi supaya tahun 2010 ada lagi pelatihan seperti ini,” katanya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar