Rabu, 04 November 2009

Tingkatkan Sumber Daya Perikanan, Masyarakat Pesisir Dilatih

Kota Bima, Bimeks.-
Untuk meningkatkan sumber daya perikanan dan kelautan, pelatihan bagi masyarakat pesisir dilakukan. Upaya itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelatihan berlangsung di hotel Lila Graha dan dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kota Bima, Ir H Sarafuddin, MM, Rabu (4/11).
Dikatakannya, pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat program sumberdaya kelautan dan perikanan, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) M-KP Kota Bima 2009, merupakan program nasional untuk meningkatkan kesejahteraan. Program itu sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk memandirikan masyarakat. “Saya bangga dengan program ini dan akan selalu membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya perikanan dan kelautan,” ujarnya.
Program PNPM itu juga, katanya, bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lemposda Kota Bima, sebagai konsultan pendamping teknis. Diharapkannya, pelaksanaan program itu sesuai dengan petunjuk pelaksanaan, sehingga mencapai hasil maksimal.
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PNPM Mandiri, Ir Juwaid, menjelaskan kegiatan itu berdasarkan Keputusan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, tentang program teknis masyarakat pesisir, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2009, tentang pelaksanaan PNPM Mandiri Kelautan dan Perikanan.
Dikatakannya, pelatihan itu akan dilaksanakan selama empat hari. Tujuannya agar kelompok PNPM Mandiri dapat memahami program dan sasaran yang akan dicapai. Capaiannya, yakni budidaya udang faname dengan tahap pengolahan, penangkapan dan pemasaran.
Pelaksanaan program ini, melibatkan 23 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 216 orang. Jumlah itu dibagi dalam satu kelompok terdiri dari 5-10 orang dari tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Dara, Paruga dan Tanjung.
“Setiap kelompok memiliki rekening sendiri. Namun kelompok tidak dibolehkan menarik uang sendiri, tapi melalui koordinator. Itupun pencairannya dalam bentuk barang, sesuai dengan kebutuhan yang diajukan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Produksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil pada Diskanlut Kota Bima ini.
Program iniuntuk tiga tahun dan diharapkan hasil pada tahap awal ini baik, sehingga pada tahap kedua atau tahun kedua program tetap berjalan. Setelah pelatihan, kata Juwaid, semua kelompok akan mendapatkan sarana dan prasarana penunjang, sehingga mendapatkan nilai tambah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar