Minggu, 15 November 2009

Sepuluh Figur Daftar ke Konvensi Partai Golkar

Kota Bima, Bimeks.-
Hingga Sabtu (14/11) lalu, sembilan Bacawabup Bima telah mendaftarkan diri pada panitia konvensi Partai Golkar. Mereka adalah Hadi, SE, Abdul Karim Azis, M Arif Hasan, H Abubakar Ma’alu, H Syarifudin HM Nur, M Burhanuddin, SH, MH, H Muchdar, SE, Dr H Yamin Saleh, dan Drs H Zubair HAR.
Minggu (15/11), H Ferry Zulkarnain, ST, (Bupati Bima) mendaftarkan diri sebagai Bacabup pada panitia konvensi Partai Golkar sekitar pukul 17.30 Wita.
Ketua panitia plaksana Konvensi Partai Golkar, Ir Suryadin, mengaku, sebanyak 28 formulir pendaftaran Bacabup dan Bacawabup yang diambil oleh calon, namun hingga Sabtu siang baru sembilan yang sudah diserahkan kembali. Semuanya mendaftarkan diri sebagai Bacawabup, Bacabup belum ada satu pun yang mendaftar.
Katanya, semua yang mendaftar telah memenuhi syarat dan kriteria yang diajukan. Pendaftaran ditutup Minggu (15/11) hingga pukul 00.00 Wita. “Sampai saat ini semuanya mendaftar sebagai Cawabup, belum ada satu pun yang mendaftar sebagai Cabup. Mudah-mudahan nanti atau besok terakhir ada yang mendaftar sebagai Cabup,” katanya Sabtu (14/11) di sekretariat panitia.
Dijelaskannya, pelaksanaan konvensi Partai Golkar tahun 2009 agak berbeda dengan tahun 2005. Saat itu, pasangan Cabup dan Cawabup mendaftar secara berpasangan. Tetapi, tahun ini yang dikonvensikan oleh partai hanya Cabup saja. Untuk Cawabup merupakan hasil kompromi antara Partai Golkar dengan Cabup pemenang konvensi.
Katanya, bila sampai batas waktu tidak ada yang mendaftar sebagai Cabup, pelaksanaan konvensi akan ditunda atau waktu pendaftaran akan diperpanjang hingga ada yang mendaftar. “Sebab, mekanisme pemberian formulir oleh kami langsung ada pilihan Cabup dan Cawabup,” ujarnya.
Ditambahkannya, kalau terjadi calon tunggal atau hanya terdapat satu figur yang mendaftarkan diri sebagai Cabup, maka konvensi akan tetap dilaksanakan sesuai mekanisme dan secara aklamasi. Calon tunggal itu yang akan ditentukan sebagai figur Cabup yang akan diusung oleh Partai Golkar. “Cawabup akan dikompromikan oleh Partai Golkar dengan figur Cabup hasil konvensi beberapa hari setelah itu,” tandasnya.
Ditambahkannya, jadwal konvensi direncanakan berlangsung 4 Desember 2009 akan dimajukan, karena pada 29 Desember 2009 mendatang akan berlangsung Musda Partai Golkar NTB. Hanya saja, waktu pelaksanaannya belum dipastikan. “Kami harapkan sebelum Musda Golkar NTB, dilaksanakan konvensi itu,” jelasnya.
Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Bima, Wahyudin, SAg, mengakui, Cabup yang akan diusung Partai Golkar ditentukan oleh mekanisme tentang tahapan-tahapan konvensi dengan berpijak pada Peraturan Organisasi (PO) Nomor 5 tentng pelaksanaan konvensi. “Konvensi Bacabup dan Bacawabup ini, yang dipilih adalah Bacabup-nya. Bacawabup-nya melalui mekanisme pendaftaran secara administrasi. Berarti, nanti Cabup dan partai yang akan menentukan pilihan siapa yang akan menjadi Bacawabup-nya,” jelasnya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar