Minggu, 15 November 2009

Harga dan Persediaan Kambing masih Normal

Kota Bima, Bimeks.-
Dua minggu menjelang Hari Raya Idul Adha, harga dan persediaan kambing di pasar hewan Bima masih normal. Setiap hari pasokan kambing berkisar 50-100 ekor dengan harga bervariasi tergantung usia kambing.
Bila usia kambing satu tahun, harga yang dipasang pedagang sekitar Rp600.000/ekor. Sedangkan usia kambing mencapai dua tahun ke atas maka harganya sekitar Rp1.000.000/ekor hingga Rp1.250.000/ekor. Harga itu tidak berlaku mutlak, masih terbuka untuk dilakukan negosiasi tergantung situasi pasar dan kualitas kambing.
M Husni, pedagang kambing dari Kelurahan Paruga, mengaku saat ini omzet penjualannya biasa-biasa saja, belum ada peningkatan yang signifikan. Setiap hari kambing pasokannya rata-rata laku terjual 1-2 ekor, situasi itu hampir tidak berbeda dengan hari-hari biasanya.
Katanya, harga dan persediaan kambing akan meningkat pada saat sepuluh hari menjelang Hari Raya Idul Adha. Kenyataan itu berdasarkan pengalaman Hari Raya Idul Adha pada tahun sebelumnya. Pada saat itu stok kambing akan melimpah ruah di pasar hewan Bima. “Biasanya pasokan kambing mencapai 300 ekor/hari dengan jumlah pedagang sekitar 20 orang,” katanya, Minggu (15/11) di pasar hewan Bima.
Selain itu, katanya, harga kambing pun akan meningkat. Dari yang harganya Rp600 ribu/ekor naik hingga Rp750 ribu/ekor, sedangkan yang harganya Rp1 juta/ekor bisa naik sampai Rp1.150.000/ekor. Demikian juga kambing yang harganya Rp1.250.000/ekor naik hingga Rp1.400.000.
Dikatakannya, kenaikan harga itu dipengaruhi banyaknya pembeli. Seperti hukum ekonomi yang berlaku pada umumnya, bila pembeli banyak, maka harga yang dipasang pedagang akan tinggi. Sebaliknya, bila pembeli sedikit atau jarang, maka harga kambing akan murah. “Kalau Idul Adha biasanya harga kambing mahal, karena banyak yang membeli untuk dikurbankan,” tandasnya.
Pedagang kambing lainnya, H Ahmad mengakui, pasokan kambingnya sekitar 10 ekor dan yang laku terjual hanya 1-2 ekor/hari. Itu pun kalau ada pembeli. Bahkan, dalam sehari ada yang sampai tidak laku terjual. “Nanti sekitar seminggu mau Lebaran baru banyak pembeli kambing,” katanya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar