Rabu, 11 November 2009

Rp3,9 M, Dana Tanggap Darurat Gempa Kabupaten Bima

Bima, Bimeks.-
Dana tanggap darurat bagi korban gempa di Kabupaten Bima sebesar Rp3,9 miliar. Dana itu dibutuhkan untuk serangkaian penanganan tanggap darurat terhadap berbagai infrastruktur publik dan rumah warga yang rusak akibat gempa 6.7 SR, Senin dini hari lalu.
Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH, untuk dana rekonstruksi dan rehabilitasi, diestimasi sekitar Rp63 miliar. Permintaan dana itu segera diajukan ke Badan Nasional Penanggunggalangan Bencana Pusat (BNPBP). Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima telah melakukan serangkaian langkah darurat penanganan bencana, terutama penanganan korban luka-luka, bantuan Sembako, dan keperluan lainnya selama dua minggu ini.
Untuk memudahkan koordinasi dengan berbagai kalangan, katanya, telah ditetapkan Posko di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bima. Estimasi itu masih akan dilakukan sesuai perkembangan laporan kerusakan di seluruh wilayah kecamatan.
Beberapa fasilitas publik yang perlu ditangani secepatnya antara lain delapan fasilitas pendidikan di Kecamatan Ambalawi, satu SDN di Kecamatan Wera, dua fasilitas kesehatan di Ambalawi yaitu Puskesmas Ambalawi dan Poskesdes Rite.
Infrastruktur lainnya, jelas Wahab, tiga jembatan  dan dua sarana irigasi di Ambalawi. Sebanyak 756 unit rumah warga yang rusak berat juga segera ditangani. Demikian juga dengan 1.208 unit rumah warga yang rusak ringan.
Data sementara dari Posko penanganan bencana di Kabupaten Bima, terdapat 20 fasilitas pendidikan yang rusak berat, tujuh jembatan, dan dua ruas jalan. Sarana irigasi yang rusak dan perlu direhabilitasi sebanyak delapan paket. Sarana kesehatan yang perlu penanganan terdapat 5 unit di Ambalawi.
Demikian juga fasilitas kantor Camat Ambalawi, delapan kantor desa, dan a fasilitas pelayanan publik lainnya seperti kantor UPTD Peternakan Monta, kantor BPD Tente, dan rumah-rumah warga.
Diharapkan kepada pihak-pihak yang ingin menyalurkan bantuan dapat menyalurkan ke Posko Penanggulangan Bencana Gempa Kabupaten Bima di ruangan Sekretaris Daerah Kabupaten Bima. (K02/K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar