Selasa, 03 November 2009

Realisasi PBB Manggemaci sudah 95 Persen

Kota Bima, Bimeks.-
Kelurahan Manggemaci Kota Bima mencatat, sejak awal Januari hingga akhir Oktober 2009, pungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diperoleh dari 747 Wajib Pajak (WP) mencapai 95 persen. Atau sebesar Rp12.492.213 dari target tahun 2009 sebesar Rp13.149.698.
Juru Pungut PBB Kelurahan Manggemaci, Dahrin Ramdan mengatakan, hasil itu adalah pencapaian spektakuler sepanjang usia Kelurahan Manggemaci yang dimekarkan tahun 2007 lalu. Tahun sebelumnya, capaian PBB tidak pernah mencapai angka hingga 70 persen ke atas. “PBB tahun 2009 grafiknya meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun 2008 lalu yang hanya mencapai sekitar 50 persen,” katanya, Senin (2/11) di Manggemaci.
Dahrin menjelaskan, hingga akhir Oktober lalu, pungutan PBB bisa dimaksimalkan hingga 100 persen. Hanya saja, terjadi kesalahan pada beberapa nama WP yang termasuk dalam Daftar Himpunan Ketetapan Pembayaran (DHKP) PBB. “Ada 17 WP dalam DHKP-PBB Manggemaci bermasalah. Ada WP yang namanya dicatat rangkap dua dan ada juga WP yang dicatat pada DHKP-PBB Manggemaci, namun tidak memiliki aset tanah dan bangunan. Selain itu, beberapa WP membayar PBB pada Kelurahan Sadia,” jelasnya.
Pada tempat lain, Kepala Kelurahan Manggemaci, Muhammad, SSos, mengaku, kesalahan mendata 17 WP itu merupakan kekeliruan teknis dan administrasi bersama Dispenda dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima. Akibatnya juru pungut terkendala merealisasikan target 100 persen.
Namun, diakuinya, telah berkoordinasi dengan Dispenda dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima, untuk mengelarifikasi 17 WP yang bermasalah itu. “Tujuannya, supaya tahun depan tidak terjadi lagi hal seperti ini,” katanya.
Lurah Manggemaci berjanji akan memaksimalkan dua bulan ke depan untuk merealisasikan PBB sesuai target. Untuk itu, dia meminta Dispenda tidak perlu berkunjung ke Kelurahan Manggemaci untuk konfirmasi PBB, karena target sudah pasti akan terealisasi.
“Dispenda tidak usah capek-capek turun ke kantor Kelurahan Manggemaci. Turun saja ke Kelurahan lain yang realisasinya masih rendah,” tandasnya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar