Rabu, 11 November 2009

Peringatan Hari Pahlawan Digelar

Kota Bima, Bimeks.-
Peringatan Hari Pahlawan dilangsungkan di halaman kantor Bupati Bima, Selasa (10/11). Upacara berlangsung khidmat dan diikuti pegawai dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Bima serta veteran.
Bupati Kabupaten Bima, H Ferry Zulkarnain, ST, menjadi inspektur upacara dan membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan kali ini menyorot semangat dan nilai-nilai kepahlawanan untuk mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Katanya, Hari Pahlawan diperingati sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, pejuang kemerdekaan hidup kita. Bangsa yang menghargai jasa pahlawan dapat menjadi bangsa besar.
Dijelaskannya, peristiwa 10 November 1945 di Surabaya patut dikenang, karena dalam pertempuran itu segenap komponen bangsa bersatu padu melawan penjajah kolonial Belanda yang ingin menancap kembali kekuasaannya di Indonesia. Meskipun dengan peralatan senjata yang sederhana, para pahlawan berani menyabung nyawa melawan penjajah demi kedaulatan bangsa dan Negara.
“Semangat juang para pahlawan hendaknya patut diterapkan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari guna menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan bangsa,” katanya.
Dikatakannya, saat ini masalah yang dihadapi tidaklah ringan dan menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasinya. Seperti masalah bencana alam dan gempa bumi yang baru-baru ini terjadi, dan masalah lainnya seperti kemiskinan patut dicermati dan diatasi bersama demi menjadi bangsa yang besar dan tangguh, serta dapat bersaing dengan bangsa lainnya.
“Melalui momentum Hari Pahlawan, semangat dan nilai-nilai pahlawan, kita perkukuh untuk menjalin persatuan. Mari bahu-membahu dan merapatkan barisan dan memberikian bantuan kepada bumi pertiwi yang kita cintai,” ajaknya.
Disamping itu, diarahkan bagi pelajar dan mahasiswa, hendaknya belajar tekun agar dapat menerapkan nilai-nilai kreatif yang dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Hal ini untuk memberikan partisipasinya bagi kemaslahatn bangsa.
“Saya berharap dengan peringatan Hari Pahlawan, tidak hanya bersifat seremonial belaka. Namun, dapat dijadikan momentum untuk menjadikan janji dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai dasar nilai dalam melayani masyarakat,” harapnya. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar