Rabu, 11 November 2009

Hari Pahlawan, Titik Balik Tingkatkan Patriotisme

Kota Bima, Bimeks.-
Peringatan Hari Pahlawan diatensi semua komponen masyarakat. Momentum itu dianggap sebagai titik balik untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan kolonialisme.
Pejuang kemerdekaan di era kekuasaan balatentara Jepang tahun 1942-1945, Hasanuddin ABB (83 tahun), Menaruh harapan besar kepada generasi penerus bangsa agar mempunyai tanggungjawab untuk menindaklanjuti perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah dengan semangat juang dan jiwa patriotisme yang tinggi.
Hasanuddin mengatakan, untuk melanjutkan perjuangan pahlawan, generasi penerus bangsa harus memiliki komitmen kebangsaan, sehingga tidak mudah dijajah kembali oleh bangsa yang serakah dan haus kekuasaan. Komitmen itu, antara lain dengan mendukung dan menghormati pemerintah pusat maupun daerah.
“Jadi diharapkan kepada generasi penerus, mempunyai rasa bertanggungjawab untuk menindaklanjuti perjuangan para pahlawan. Sehingga, apapun putusan dan peraturan pemerintah, petunjuk-petunjuk dan ketentuan-ketentuan itu kita laksanakan dan kita tegakan. Untuk meluruskan jalan kita menuju kesejahteraan masyarakat,” katanya usai upacara di halaman kantor Bupati Bima, Selasa.
Pejuang 45 asal Dusun Ambalawi RT 15 Desa Mawu kecamatan Ambalawi itu pada masa kolonial Jepang tergabung dalam Angkatan Pemuda Pejuang Indonesia (APPI) tahun 1942-1945, mewakili Desa Rabadompu dibawah Komando Muhammadiyah Bahari (alm) asal Kampung Nae Bima yang saat itu menjadi seorang polisi di Bima.
Dikatakannya, selama bergabung di APPI, banyak kisah heroik yang dialaminya. Pernah suatu ketika ditangkap oleh dua tentara Jepang. Dia kemudian disiksa, namun dengan semangat juangnya Hasanuddin mampu melawan hingga satu dari Jepang itu tewas, satu lainnya lari kembali ke markasnya.
“Saya bunuh Jepang itu di rumah H Hakim di Raba saat berlangsung pertemuan Seswapraja Bima, untuk merencanakan serangan fajar,” tuturnya penuh semangat.
Hasanuddin mengaku, selama ini pemerintah telah memberikan perhatian yang membanggakan kepada para veteran. (K07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar