Jumat, 06 November 2009

Pengairan Pelaparado Maksimalkan Usaha Pertanian

Bima, Bimeks.-
Lancarnya pengairan bendungan Pelaparado, warga berbagai desa di Kecamatan Monta Kabupaten Bima bisa memaksimalkan usaha peningkatan pertanian, seperti padi, palawija, perikanan dan perkebunan. Beberapa tahun terakhir ini, petani dapat mengembangkan tanaman dengan varietas unggul dalam tiga musim. Demikian juga dengan tanaman jagung, kedelai, dan bawang merah.
Pelaksana Tugas (Plt) Camat Monta, Drs Nurdin M Said, mengaku hanya saja dua bulan terakhir harga bawang merah cenderung menurun dibandingkan beberapa bulan sebelumnya, sedangkan harga jagung masih stabil. “Kendala pengairan yang dikeluhkan beberapa tahun lalu, kini sudah teratasi. Air yang mengalir pada setiap lahan pertanian mencukupi, bahkan sebagian tak mampu dibendung,” ujarnya usai mengikuti acara serahterima data penduduk P4B kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Jumat (6/11).
Jika saluran irigasi dan pengairan lancar, katanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima tak tinggal diam membantu petani dengan berbagai sarana dan prasarana pertanian, seperti mesin penggarap tanah, persediaan pupuk dan obat-obatan yang memadai. Bahkan, beberapa tahun terakhir ini, Bupati Bima, H Ferry Zulkarnain, ST, membagikan bibit jagung dan padi gratis.
Kondisi yang kondusif seperti itu, jelasnya, akan memacu petani terus meningkatkan hasil produksi pangan. Petani yang biasa menanam palawija dan perikanan mengharapkan ada bantuan bibit ikan, dan bibit lain.
Diakuinya, kebiasaan membabat hutan dan pengambilan kayu secara ilegal dapat ditekan. Apalagi, anggota Pol PP terus menggalang koordinasi dan kerjasama dengan Dinas Kehutanan (Dishut) untuk terus memantau dan mengawasi hutan. “Ke depan kita berharap Dinas Perkebunan dapat mendukung program untuk peningkatan budidaya tanaman buah-buah, dan lainnya,” katanya.
Bagaimana kondisi keamanan menjelang Pilkada Kabupaten Bima 2010? Nurdin menjelaskan, sejauh ini masih kondusif, meski diakui gaung Pilkada kian hari menggema. Namun, masyarakat semakin cerdas menyikapi setiap persoalan muncul sekaligus dapat meredamnya.
“Kita berharap kondisi seperti ini dapat dijaga bersama menjelang pesta demokrasi sekali dalam lima tahun itu,” katanya. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar