Jumat, 20 November 2009

264 Warga Belajar Ikuti UAN Susulan

Kota Bima, Bimeks.-
Sebanyak 264 Warga Belajar (WB) dari delapan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Bima, mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) susulan di SDN 14 Kota Bima. Sebelumnya, ujian sebelumnya tidak lulus. Pelaksanaan ujian itu dijadwalkan tiga hari dari 18-20 November.
Delapan PKBM itu adalah PKBM Rahmatullah, Roci Loa, Doro Londa, Pijar Talenta, Oi Kempa, Oi Pempe, PAB dan Oi Witi. Dari delapan PKBM masing-masing mengelar UAN Paket B dan C.
Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Dikpora Kota Bima, Drs Anwar, mengakui penyebab ketidaklulusan sebelumnya karena rendahnya minat belajar siswa, mereka lebih banyak bermain. “Saya sudah ingatkan pada Ketua PKBM agar menekan WB supaya belajar,” ujarnya di Dinas Dikpora Kota Bima, Jumat (20/11).
Selain itu, jelasnya, Ketua PKBM harus lebih fokus pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehingga mutu pendidikan bisa ditingkatkan dan tingkat kelulusan lebih tinggi. Tingkat kelulusan WB akan menjadi tolak ukur bagi seluruh PKBM di Kota Bima untuk mendapatkan program yang baru maupun lanjutan.
Diakuinya, dua tahun terakhir masih terdapat PKBM yang WB-nya tidak lulus dan tahun ini masih juga tidak berhasil, pihak PLS akan mengurangi program yang ada. Hal itu dilakukan agar ketua PKBM lebih fokus pada satu titik saja. “Jika tidak lulus, saya tidak segan-segan mendiskualifikasikan PKBM itu,” ujarnya.
Bagi PKBM yang lebih dari tiga program kegiatan dan tidak mampu mengelola dengan baik, akan dievaluasi karena dianggap mubazir dan akan dialihkan ke PKBM yang memiliki perhatian khusus pada WB. Dalam waktu tak lama lagi akan mengevaluasi PKBM yang WB-nya tidak lulus. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar