Jumat, 06 November 2009

Khairudin-Bambang Siap Maju Lewat Jalur Independen

Kota Bima, Bimeks.-
Satu lagi pasangan yang bakal meramaikan bursa Pemilu kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bima tahun 2010 mendatang. Mereka adalah Direktur Utama (Dirut) Bimeks Group, Ir Khairudin M Ali dan Direktur LP2DER Bima, Ir Bambang Yusuf. Mereka siap maju menjadi bakal calon Bupati dan Bacawabup melalui jalur independen.
Kedua alumni Fakultas Pertanian Unram itu siap maju setelah diusulkan dan didorong sejumlah peserta diskusi multistakeholder ‘Pemimpin Kabupaten Bima Impian’ di Rumah Makan (RM) Arema Rabadompu, Kamis (5/11). Saat itu, seluruh peserta diskusi di antaranya akademisi dan LSM, siap menggalang dukungan masyarakat untuk meloloskan paket independen itu.
Dalam konferensi pers, peserta diskusi yang ditunjuk koordinator tim Khairudin-Bambang (Khaba), Darwis mengatakan, bakal pasangan calon itu memiliki kriteria format pemimpin Kabupaten Bima Impian, yakni amanah, bijaksana, jujur, dan memiliki visi yang jelas. “Sosok dua orang ini sudah layak bertarung, tidak berlebihan, bukan muncul sekonyong-konyongnya karena nama dua orang ini sudah dikenal akan mampu membawa perubahan karena memiliki visi yang jelas,” ujar Darwis.
Darwis yakin, dengan dukungan dan partisipasi peserta diskusi itu, Khaba akan mampu bersaing dan memenangkan Pemilu Kabupaten Bima tahun 2010 mendatang. “Dengan visi yang jelas dan kriteria itu, kita sangat yakin akan mampu bersaing dengan figur lainnya, karena selama ini dua orang ini juga ikut merumuskan gambaran Bima ke depan,” katanya.
Bagaimana dengan Khairudin? Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bima, ini mengaku ada sejumlah hal yang melatarbelakangi sehingga menerima permintaan peserta diskusi dan siap maju sebagai calon Bupati Bima periode 2010-2015. Selain dukungan sejumlah pihak, hal itu karena keinginan membawa perubahan kondisi Kabupaten Bima yang selama ini masih carut-marut.
Dikatakannya, ada sejumlah visi dan program yang akan terapkan jika terpilih. Selain meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya, juga akan mendorong dan melahirkan kebijakan yang lebih mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan dunia pendidikan. Salah satunya, menyiapkan fasilitas teknologi hostpot hingga di desa yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses kebutuhan informasi masyarakat.
“Waktu saya ke Amerika, saya melihat di sana menyiapkan hostpot, mengapa di sini kita juga tidak menyiapkan, sehingga akses masyarakat terhadap informasi lebih luas dan cepat, “ katanya.
Hal lainnya, akan melakukan sejumlah efesiensi anggaran seperti dalam penggunaan kendaraan dinas seperti yang selama ini sudah diterapkan Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Selain itu, untuk memastikan pelaksanaan birokrasi yang maksimal dan akan membuat kontrak kinerja dengan pejabat atau kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“Jika memang kepala dinas itu tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, maka harus mundur. Jangan sampai terjadi ada pejabat cari muka, karena selama ini yang terjadi adalah pejabat birokrasi selalu mencari muka seperti ke Pendopo,” katanya.
Menurut Khairudin, sejumlah persoalan itu sebenarnya, berawal dari lemahnya kepala daerah. Hingga saat ini, banyak potensi yang dimiliki setiap kecamatan, hanya saja tidak dimanfaatkan. Padahal, sejumlah ahli seperti tingkat doktor malah digusur dalam skuad birokrasi lantaran dianggap saingan.
“Selama ini bukan tidak ada orang-orang pintar di Bima, hanya saja selalu disingkirkan karena dianggap saingan. Mana yang dianggap loyal itulah yang dipasang, padahal belum tentu memenuhi kriteria atau kemampuan. Intinya keinginan kita adalah membawa perubahan,” katanya.
Menyoal kans, Bambang yakin bisa mendapat dukungan dari masyarakat, karena pada dasarnya keinginannya maju untuk mengubah kondisi keterbelakangan Kabupaten Bima selama ini. “Selama ini kita juga sering turun ke masyarakat, minimal keinginan kita adalah bagaimana merubah kondisi masyarakat saat ini menjadi lebih baik,” katanya.
Sesuai kesepakatan dalam diskusi itu, pasangan Khaba akan deklarasi dalam waktu tak lama lagi. Pada bagian lain, informasi yang dihimpun, satrawan muda Bima, N Marewo, disebut-sebut juga bakal maju sebagai calon Bupati Bima melalui jalur independen. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar