Jumat, 04 Desember 2009

Tebing di Kodo Mulai Dibenahi


Kota Bima, Bimeks.-
Sepekan terakhir, tebing jalan negara antara perbatasan Kelurahan Kodo dan Kumbe Kecamatan Rasanae Timur, yang longsor akibat hujan tahun lalu, kini mulai dibenahi. Tebing yang longsor sepanjang 28 meter itu akan dipasangkan bronjong.
Pantauan Bimeks di lokasi, Jumat (4/12), beberapa pekerja sedang membangun fondasi selebar dua hingga tiga meter, sedangkan bronjong rencananya dipasang setinggi tujuh hingga delapan meter.
“Di sini kita hanya sebagai pekerja saja dan tidak tahu berapa anggarannya,” ujar Ramli, salah seorang pekerja, Jumat.
Dia mengaku, penggalian untuk fondasi bronjong dilakukan Rabu lalu dan akan diratakan untuk pengecoran fondasi. Lokasi ini rawan longsor, sehingga pengerjaan dilakukan sebaik mungkin, terutama memperkuat dasar bronjong.
Muhammad, pekerja laiannya mengatakan pengecoran fondasi untuk menahan susunan bronjong. Apalagi, kebutuhan bebatuan untuk bronjong diperkirakan ratusan truk. Untuk satu bronjong saja membutuhkan satu kubik batu.
Dia mengaku, pengerjaan kali ini akan lebih baik, karena selama ini belum pernah ada yang mengecorkan fondasi seperti itu. “Kita harapkan dapat bertahan hingga puluhan tahun,” katanya. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar