Rabu, 23 Desember 2009

Pasukan Operasi Lilin Unjuk Kekuatan

Kota Bima, Bimeks.-
Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bima menggelar upacar pasukan Operasi Lilin menjelang Natal dan Tahun Baru 2010 di di halaman markas Polresta Bima, Rabu (23/12). Hadir anggota Muspida Bima, Dishubkominfo, dan seluruh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dalam wilayah hukum Kota Bima.
Upacara dipimpin Kapolresta Bima AKBP Tjatur Abrianto, SIK, dengan komandan upacara IPTU Aristo dari Satuan Lantas Polresta Bima. Sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin, Kapolresta Bima mengenakan bendera simbol pada aparat yang bertugas diantaranya dari Brigade Mobil (Brimob), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Gishubkomifo, dan Sat Lantas.
Kapolresta Bima menjelaskan Operasi Lilin sangat penting dalam menghadapi perayaan Natal dan tahun baru 2010 karena perayaan itu disambut meriah dengan berbagai aktifitas oleh masyarakat, salah satunya perayaan malam pergantian tahun. Oleh karena itu, aparat Kepolisian harus menyuguhkan pelayanan untuk pengamanan masyarakat.
Diakuinya, dalam kalender Kamtibmas pada perayaan Natal dan tahun baru akan terjadi peningkatan aktifitas masyarakat di pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan tempat rekreasi. Hal itu menyebabkan peningkatan mobilitas manusia dan barang yang berimplikasi pada masalah-masalah Kamtibmas. Ini harus dikelola dengan baik, sehingga masyarakat dapat merayakannya dengan nyaman dan aman.
Katanya, pihak Kepolisian menargetkan skala prioritas dalam pelaksanaan Operasi Lilin, yakni terwujudnya rasa aman dan nyaman dalam beribadah, berwisata, pemukiman yang ditinggal penghuninya, lalulintas darat, laut dan udara. Selain itu, terjaminnya kelancaran distribusi bahan pokok seperti bahan bakar minyak (BBM), listrik, dan ancaman terorisme.
“Untuk mencapai itu semua diperlukan keseriusan dalam pelaksanaan operasi itu melalui kerjasama dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat,” katanya.
Dia menekankan untuk mendeteksi dini melalui intelijen Kepolisian terhadap fenomena yang berkembang dalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas agar dapat diantisipasi. Selain itu, ditekankan pada gelaran kekuatan dengan tepat di titik-titik rawan dalam rangka perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat melalui koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga terwujudnya sinergi keterpaduan dan kebersamaan.
Pada bagian akhir, Tjatur mengajak pada semua pihak bekerja sama dalam menjaga stabilitas nasional dan Kota Bima khususnya. Seluruh aparat diharapkan senantiasa mementingkan pelayanan masyarakat di atas kepentingan lain yang dianggap tidak bermanfaat.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin, menyampaikan penghargaan pada aparat Kepolisian yang melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas. Diakuinya, Operasi Lilin memang perlu dilakukan dalam menghadapi perayaan Natal dan tahun baru, sehingga menciptakan suasana yang kondusif pada Kota Bima. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar