Senin, 21 Desember 2009

MTsN Wawo Gelar Berbagai Lomba

Bima, Bimeks.-
Setelah menyelesaikan ulangan semester ganjil, siswa dan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Wawo menggelar berbagai pertandingan olahraga antarsiswa dan guru. Lomba dihelat tanggal 16-25 Desember.
Cabang olahraga dipilih adalah tenis meja, sepakbola, bola voli, dan bulutangkis. Khusus untuk guru hanya tenis meja dan bulutangkis. “Penutupan kegiatan disesuaikan dengan pembagian rapor,” ujar Kepala MTsN Wawo, Ismail, SAg, usai menyaksikan sepakbola antarsiswa di halaman madrasah setempat, Senin (21/12).
Pembagian rapor, katanya, akan disesuaikan dengan kalender pendidikan Departemen Agama (Depag) Kabupaten Bima. Jika kegiatan belum mampu diselesaikan sesuai jadwal, maka pembagian rapor akan disamakan dengan kalender pendidikan Dinas Dikpora Kabupaten Bima.
“Kita lega dapat menyaksikan semangat juang siswa dan guru dalam mengikuti setiap pertandingan. Maka tidak heran kegiatan selalu ramai dan meriah,” katanya.
Dia berharap, pertandingan antar-kelas (class metting) seperti ini, bukan saja melepas lelah siswa dan guru setelah menghadapi ulangan semesteran, tetapi yang lebih penting adalah kebersamaan dan semangat juang. Setiap siswa menjagokan timnya saat berlaga, tetapi jika kalah secara jantan dan sportif harus mengakui keunggulan tim kelas lain.
“Kita ingin sikap sportif dan fair play seperti ini merupakan salah satu bentuk pendidikan dan diharapkan akan membekas hingga siswa nanti menjadi dewasa,” katanya.
Hal senada dikemukakan ketua panitia, Najamuddin, SAg. Berbagai pertandingan itu bukan hanya sekadar meraih juara menggunakan segala cara, tetapi yang utama adalah kebersamaan. Setiap kelas sah-sah saja menjagokan wakilnya masing-masing, tetapi jika dalam pertandingan kalah harus mengakui kemampuan lawan.
Katanya, pertandingan itu menggunakan sistem bertemu semua dan masing-masing kelas berhak mengutus pemain sesuai ketentuan dan kesepakatan bersama, kecuali sepakbola paling banyak sembilan pemain dan tiga pemain cadangan.
Pada cabang bulutangkis, katanya, pertandingan antarguru babak penyisihan digelar di lapangan sekolah, tetapi saat semifinal dan final akan digelar di tempat lain. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar