Jumat, 18 Desember 2009

1.000 Santri TPQ Dikhatam

Bima, Bimeks.-
Sebanyak 1.000 lebih santri Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) duta setiap kecamatan di Kabupaten Bima, Kamis (17/12) sore, mengikuti khataman masal, zikir, dan doa menyambut 1 Muharram 1431 Hijriah di halaman museum Asi Mbojo. Kegiatan dihadiri Gubernur NTB, HM Zainul Majdi, bersama Ketua TP PKK NTB, Hj Radiatul Adawiyah, dan sejumlah pejabat Pemprov NTB, Bupati Bima, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bima, dan sejumlah pejabat lainnya. Kehadiran sejumlah ulama dari Lombok menambah hikmad suasana.
Khataman diawali pembacaan kalam Ilahi oleh qariah terbaik NTB, Rahmawati, dilanjutkan dengan khataman masal yang dipandu Ketua Majelis Ulama Indonesia, (MUI) Kabupaten Bima, HM Said Amin, Kepala Depag Kabupaten Bima, Drs H Yaman, dan anggota Ikatan Persaudaraan Qari dan Qariah (IPQAH) Kabupaten Bima, M Siddik H Idris dan M Sanif, SPdI.
Usai khataman dilanjutkan zikir dan doa yang dipimpin oleh H Husnul Du’a yang diawali hafalan surat Yaasin oleh hafizh cilik siswa kelas IV SDN, Afriadin Khatabullah.
Bupati Ferry menjelaskan, khataman merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dalam melaksanakan program “Membumikan al-Quran”. Pemkab Bima juga memberikan insentif kepada guru ngaji sebesar Rp75 ribu/bulan dan da’i sebesar Rp100 ribu/bulan. Semua dana itu merupakan alokasi dana dari APBD Kabupaten Bima.
“Khataman ini merupakan pelaksanaan yang kedelapan kalinya. Artinya, sekitar 16 ribu anak yang telah dikhatam,” ujarnya.
Program Membumikan al-Quran ini, katanya, dikaitkan dengan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah, karena setiap kepala sekolah dan guru yang ada diperintahkan sebelum menerima siswa baru pada setiap jenjang sekolah, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK diwajibkan memiliki sertifikat khataman.
Katanya, masih banyak kekurangan dari program itu dan perlu tetap disempurnakan. “Sebab program ini diharapkan menjadi kemaslahan bersama dalam menyiarkan Islam di Dana Mbojo ini,” katanya.
Usai prosesi khataman masal, zikir, dan doa, Bupati Ferry menyerahkan satu unit handprone (HP) kepada khafizh cilik penghafal surah Yaasin. Selain itu, uang tunai dari Gubernur NTB. Kemudian Bupati Ferry menyerahkan sertifikat khataman kepada 18 camat di Kabupaten Bima. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar