Selasa, 01 Desember 2009

SMK Kelautan belum Siapkan Siswa Hadapi UN

Kota Bima, Bimeks.-
Jelang Ujian Nasional (UN), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelautan Kota Bima, belum ada persiapan khusus. Mereka masih belajar seperti biasa, karena menganggap UN masih lama. Hal itu diakui oleh Kepala Sekolah SMK Kelautan, Drs Nukman, di Paruga Nae, Selasa, (1/12).
Menurutnya sekolah tidak perlu menjadikan UN sebagai momok yang menakutkan dikalangan siswa. Jangan sampai melahirkan beban psikologis, sehingga tingkat kelulusan sangat minim.
Pola menghadapi UN, kata dia, disikapi biasa saja, karena yang dibutuhkan pada saat ujian nanti kesiapan mental siswa. Sebab kurangnya tekanan, siswa lebih rileks. “Pola ini saya terapkan di sekolah,” ujarnya.
Dikatakannya, SMK Kelautan hanya mengadakan les tambahan dan pembahasan soal-soal UN tahun sebelumnya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah disiplin diberbagai lini, teruma disiplin belajar. “Siswa harus ditekan semaksimal mungkin untuk disiplin dalam belajar,” ujarnya.
Mengenai angka kelulusan, Nukman mengaku dua tahun terakhir tingkat kelulusan siswanya mencapai angka 97,8 persen dari rata-rata 45 orang siswa. Dia berharap untuk angkatan sekarang SMK Kelautan bisa mencapai angka kelulusan 99,9 persen. Saat ini 16 guru dengan berbagai bidang studi telah didatangkan oleh Pemkot Bima, melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), hanya saja masih kekurangan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan Matematika.
Saat ini, kata dia, SMK Kelautan hanya membutuhkan gedung sekolah, karena sejak berdirinya 2005 silam, masih menumpang pada gedung sekolah lain. Sehingga proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diselenggarakan pada siang hari. Secara psikologis diakuinya KBM pagi hari akan lebih baik, karena kondisi siswa masih segar untuk menerima pelajaran.
Selain itu, ruang laboraturium juga sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai alat peraga yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah itu. Keadaannya kini berantakan, karena tidak ada ruang penyimpanan. Diharapkannya, adanya perhatian pemerintah untuk membantu SMK Kelautan dalam hal pembangunan gedung. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar