Selasa, 01 Desember 2009

P2KP Diharapkan Tekan Angka Miskin

Kota Bima, Bimeks.-
Program Pengentasan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) diperuntukan bagi masyarakat miskin. Tujuannya untuk menekan angka kemiskinan di Kota Bima.
Hal itu dikatakan Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Bima Ir Hamdan, saat acara Lokalatih Paket Aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Stakeholders Tahap II, di aula SMKN 3 Kota Bima, Selasa (1/12).
Dikatakannya, data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima, jumlah warga miskin di Kota-Kabupaten Bima sebanyak, 334.000 jiwa. Kenyataan itu menunjukkan masih banyaknya desa atau kelurahan tertinggal. “Saya laporkan ini, agar semuanya dapat mengetahui betapa besar angka kemiskinan kita di Bima,” ujarnya.
Sementara target penurunan angka kemiskinan di Kota Bima sekitar 8 hingga 13 persen. Maka diharapkannya P2KP dapat membantu menekan angka kemiskinan itu.
Dikatakannya, ada beberapa strategi membantu masyarakat keluar dari kemiskinan. Yakni mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dikalangan masyarakat, sehingga memiliki kemampuan intelektual untuk berbenah diri dari kemiskinan. “Caranya dengan menciptakan berbagai inovasi dan kreasi sebagai modal untuk keluar dari kemiskinan,” ujarnya.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), katanya, sebagai strategi kedua. Diakuinya, banyak SDA yang dimiliki oleh Kota Bima, tetapi bentuk pemanfaatan dan pengelolaannya yang belum memadai. Pemanfaatan SDA harus sejalan dengan program pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk menata lingkungan hidup sebagai sumber kehidupan. “Nah kedua hal itu sangat singkron, masak SDA dikelola oleh orang yang SDMnya kurang? Saya kira itu sia-sia saja,” ujarnya.
Strategi lain, kata Hamdan, dari sektor kontribusi pendapatan primer, sekunder dan tersier, untuk mengelola dua strategi sebelumnya.
Sementara itu, Askot CD Mandiri Kota Bima, A Jufri mengaku kegiatan itu sebagai langkah kongkrit P2KP dalam membantu pemerintah dan masyarakat untuk menurunkan angka kemiskinan. Karena seluruh program P2KP diperuntukan untuk masyarakat miskin.
Dikatakannya, peserta Lokalatih itu melibatkan anggota P2KP yang terdiri dari Kepala Satuan Kerja (Kep Satker) PIP, anggota sekretariat TKPKD, wakil SKPD dan Pokja Paket. Kegiatan itu melibatkan penyaji dari pemandu nasional P2KP, Agus Sudirman, Muhammad Rum, dari Bapeda Kota Bima dan Agus Winardi Koordinator Kota (Korkot) P2KP. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar