Senin, 07 Desember 2009

“One Man One Tree” Dipusatkan di Kelurahan Nitu

Kota Bima, Bimeks.-
Rapat Koordinasi (Rakor) Bumi Hijau diselenggarakan Dinas Kehutanan (Dishut) Kota Bima dan dipimpin Wakil Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin. Rakor melibatkan Satker, pemerintah kecamatan, kelurahan, mahasiswa, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu dihelat di aula Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Senin (7/12).
Rakor itu bertujuan membentuk panitia penyelenggaraan acara puncak Kampanye Indonesia Menanam (KIM) aksi “One Man One Tree” dipusatkan di Kelurahan Nitu.
Qurais dalam sambutannya, menyambut positif program itu, masyarakat Kota Bima membutuhkan penghijauan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan mendambakan O2 yang sehat. Qurais meminta agar dalam pembentukan panitia lebih memusatkan pada satu garis koordinasi, sehingga praktiknya di lapangan dapat dikoordinasikan dan cakupannya lebih luas.
“Saya sangat sepakat apabila peserta rapat dapat mengangkat ketua panitia dari unsur Asisten atau Sekretaris Daerah (Sekda), karena cakupan mereka lebih luas, sehingga semua elemen terlibat di dalamnya,” ujarnya.
Qurais berharap, dalam kampanye Bumi Hijau itu, semua unsur dilibatkan, yakni kalangan pemerintah, pelajar, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan bahkan pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) pun harus dilibatkan. Hal itu agar masyarakat Kota Bima mendapat pelajaran tentang lingkungan yang hijau sejak usia dini.
Penanaman, diakuinya, belum efektif jika tidak diimbangi dengan pemeliharaan, perawatan, dan penjagaan yang berkelanjutan dari semua lapisan masyarakat. “Semua harus ikut terlibat dalam gerakan ini, bila perlu buruh pasar pun kita libatkan agar semua tahu bahwa menanam bukan hal yang dianggap main-main, tapi manfaat ke depan yang perlu kita pikirkan,” ingatnya.
Selain itu, Qurais juga meminta pada Satker agar melibatkan dunia usaha dalam gerakan Bumi Hijau, sehingga tidak ada kecemburuan dalam menata keindahan Kota Bima. Selama ini, pelaku usaha selalu dianggap jarang melibatkan diri dalam berbagai kegiatan pembangunan Kota Bima.
Menurutnya, kegiatan itu bermanfaat untuk masyarakat Kota Bima dalam menjaga kelestarian dan keindahan alam. “Saya secara pribadi mengaku kegiatan semacam ini berkaitan dengan jiwa saya yang selalu ingin menata Kota Bima penuh dengan pepohonan, sehingga tidak kepanasan seperti saat ini,” katanya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar