Senin, 07 Desember 2009

DKP Tebar Ratusan Ribu Bibit Lele

Kota Bima, Bimeks.-
Pemerintah terus berupaya meningkatkan potensi perikanan. Senin (7/12), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menyerahkan 230 ribu bibit lele kepada delapan kelompok masyarakat dari sejumlah kelurahan di Kota Bima.
Kepala DKP Kota Bima, Ir H Syarafuddin, MM, menjelaskan, penebaran atau pembagian benih ikan itu berasal dari program Bantuan Selisih Harga Benih Ikan (BSHBI) yang dicetus oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, pembagian yang sama dilakukan 1 Desember lalu di Kabupaten Dompu. “Sudah dua kali dilakukan, program ini baru pertama kali di Kota Bima,” ujar Syarafuddin kepada Bimeks di DKP, Senin (7/12).
Secara umum, program itu diarahkan bagi delapan kelompok petani budidaya air tawar. Di antaranya meliputi Kelurahan Dodu, Nungga, Kumbe, Matakando, Mande, dan Penaraga. Jumlah per kelompok mencapai 115 orang. Melalui bantuan ini, pemerintah berharap petani dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi budidaya ikan air tawar sehingga mendorong tingkat kesejahteraan mereka.
“Secara umum, kami melihat respons masyarakat sangat positif dan kita harap mereka bisa mengembangkannya,” katanya.
Sebelumnya, DKP Kota Bima juga tercatat berhasil membantu dan menghidupkan sejumlah kelompok budidaya air tawar di Kota Bima. Salah satunya yang berlokasi di kelurahan Kumbe. Pada bagian lain, SKPD tersebut juga menyiapkan PNPM bagi masyarakat pesisir. Bantuan meliputi sejumlah peralatan, perlengkapan, dan usaha bagi nelayan untuk menangkap ikan. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar