Selasa, 08 Desember 2009

Komisi B Jelajahi Sejumlah SKPD

Kota Bima, Bimeks.-
Menjelang akhir tahun anggaran 2009, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Dareah (DPRD) Kota Bima terus menjelajahi sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selasa (8/12), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bima yang menjadi “sasaran” kunjungan kerja (Kunker) komisi anggaran itu.
Anggota Komisi B DPRD Kota Bima, H Syafrianyah, S.Sos, mengatakan, Kunker dimaksudkan untuk mengecek realisasi program dan tingkat pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sejumlah SKPD. “Kebetulan di Komisi B ada empat orang yang masuk formasi Banggar, jadi hasil Kunker kita ini sekaligus menjadi bahan acuan dalam penentuan anggaran,” ujar Syafrianyah di Dispenda Kota Bima, Selasa (8/12).
Dikatakannya, pasca-Kunker, Komisi B akan menggelar rapat klinis bersama SKPD yang sudah dikunjungi. Sebelumnya, komisi B juga tercatat menjelajahi lima SKPD diantaranya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Bagian Ekonomi, Dinas Dikpora, dan Diskoperindag. “Hasil temuan saat kita Kunker ini akan kita bahas bersama dinas, karena kami Kunker bukan untuk cari mana yang baik atau salah,” katanya.
Diakuinya, realisasi PAD pada sejumlah SKPD hingga menjelang akhir tahun ini baru mencapai 70 persen. Sebagian besar sejumlah program terlaksana secara baik dan maksimal. Namun, ada juga sejumlah masalah yang ditemukan Komisi B, seperti pengelolaan sumber pajak restoran atau rumah makan di Dispenda Kota Bima tidak dilaksanakan secara transparan.
“Tidak dicantumkan secara transparan, padahal setiap kali masyarakat makan di restoran atau rumah makan dikenakan pajak 10 persen,” ujarnya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar