Minggu, 06 Desember 2009

Kinerja Kejaksaan Dompu Disorot Warga

Dompu, Bimeks.-
Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu akhir-akhir ini disorot warga. Institusi itu dinilai pilih-kasih dalam pengungkapan kasus korupsi dan penyimpangan. Beberapa elemen masyarakat menduga mereka kurang serius menangani kasus korupsi.
Menurut sejumlah warga, ada beberapa dugaan yang mengindikasikan belum optimalnya kinerja Kejaksaan. Mereka hanya menangani kasus-kasus dugaan korupsi tingkat rendah dan tingkat desa, sementara dugaan korupsi berjumlah besar dan diduga melibatkan beberapa pejabat tidak pernah disentuh. “Walaupun kita telah berbusa-busa menyuarakan agar menangani kasus dugaan korupsi yang melibatkan pejabat, percuma saja,” sesal Ridwan, warga Dompu.
Katanya, kasus yang diduga melibatkan Kades atau aparat desa dipilih-pilih dan disinyalir sesuai pesanan. “Saya belum temukan Kejaksaan Dompu memeriksa pejabat Dompu,” ujarnya.
Bagaimana tanggapan Kejari Dompu R Suryanto, SH, MH? Dia mengaku, semua kasus yang dilaporkan masyarakat tetap ditindaklanjuti. Namun, jika tidak memenuhi unsur hukum tentu tidak akan dilanjutkan. Contohnya, sudah beberapa Kades, Lurah, dan staf desa yang diduga korupsi telah ditahan. “Semua kasus tetap kita tangani, tanpa ada perbedaan,” ujarnya beberapa waktu lalu di Dompu.
Dia meminta masyarakat bisa memahami tugas Kejaksaan yang tidak serta merta begitu saja menangani kasus tanpa disertai bukti-bukti kuat. (BE.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar