Minggu, 06 Desember 2009

Diprediksi hanya 100 CJH Kuota 2010

Kota Bima, Bimeks.-
Kendati jumlah jamaah haji Kota Bima tahun 2009 mampu mencapai 300 orang, sesuai ketetapan pemerintah pusat, Departemen Agama (Depag) Kota Bima memrediksi kuota Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2010 mendatang hanya 100 orang.
Kepala Seksi (Kasi) Urusan Agama Islam (Urais) Penyelenggara Haji dan Umrah Depag Kota Bima, Rusdy, SH mengatakan, sesuai ketetapan, penetapan kuota haji sepenuhya kewenangan pemerintah pusat. Penetapan umumnya, disesuaikan jumlah haji seluruh Indonesia seperti yang ditetapkan pemerintah Saudi Arabia. “Kuotanya bukan kita yang menentukan, pembagian kuota dilakukan per provinsi. Tahun 2010 kita hanya mendapat jatah calon jamaah haji kurang lebih 100 dari 4.416 porsi NTB,” ujar Rusdy di Depag Kota Bima, Sabtu (5/12).
Rusdy mengatakan, sesuai jadwal, jamaah haji Kota Bima akan tiba di Surabaya Jumat (25/12) mendatang bersama rombongan Kabupaten Bima dan Sumbawa karena satu kloter, sedangkan tahap dua akan tiba Senin (28/12). “Insya Allah tiba tanggal 25 Desember,” ujarnya.
Rusdy mengatakan, sesuai rencana setelah tiba di bandara Juanda Surabaya seluruh jamaah haji akan dikarantina beberapa jam sebelum berangkat menuju Bima menggunakan transportasi darat. “Setelah tiba di sana akan langsung dijemput dengan bus sebelum diantar ke Mataram dan lanjut ke Bima,” katanya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar