Kamis, 29 Oktober 2009

TMMD, Pelihara Ikatan Batin dengan Rakyat

Bima, Bimeks.-
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di lapangan Desa Dena Kecamatan Madapangga, Kamis (29/10), berakhir. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs H Masykur, menurut kegiatan yang mendekatkan TNI dengan rakyat itu.
Kegiatan TMMD, kata Masykur, merupakan wahana untuk terus menjalin komunikasi sosial dan ikatan batin antara TNI dengan rakyat. Berfungsi sebagai sebuah gerakan moral untuk memberdayakan pembangunan desa, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang kukuh untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah.
Selain itu, jelasnya, program TMMD salah satu wahana untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayah. “Karena itu, diharapkan mampu mendorong akselerasi pembangunan pedesaan sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan,” ujarnya dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda, Abdul Wahab, SH, dalam pernyataan pers, Kamis (29/10).
Dia berharap, karya dan pengabdian prajurit TNI, khususnya Kodim 1608 Bima, ditindaklanjuti dengan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan, atas dasar kesetiakawanan, kekeluargaan dan toleransi yang tinggi demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kegiatan TMMD di Dena telah menyelesaikan kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik antara lain pembangunan empat unit MCK, dua unit Poskamling, pembuatan jalan tani sepanjang 4.500 meter, pemetaan lingkungan sepanjang 200 meter, dan penerbitan buku TMMD ke-83.
Kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan agama, pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan pertanian dan perkebunan, lingungan hidup. Selain itu, penyuluhan KB kesehatan, pengobatan gratis 240 orang, dan pemutaran film oleh Bagian Humas dan Protokol Setda. (BE.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar