Jumat, 23 Oktober 2009

Antisipasi Banjir, BLH Siapkan Langkah Antisipasi

Kota Bima, Bimeks.-
Pemerintah mulai bertindak lebih awal menghindari bencana banjir menyusul peralihan musim. Untuk mengantisipasi tragedi banjir, Badan Lingkungan HIdup (BLH) akan meningkatkan pengawasan terhadap perubahan gejala alam dan menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan sejumlah SKPD. Hal itu diisyaratkan Kepala BLH Kota Bima, Ir H Abdul Hakim HAR.
Diakui Hakim, berdasarkan pengalaman sebelumnya dan kondisi umum lingkungan, Kota Bima rentan menjadi sasaran banjir bandang. Hal itu karena akumulasi degradasi hutan selama ini dan kondisi daerah aliran sungai yang cenderung mengalami erosi. “Walaupun mungkin kondisi hutan sekarang mulai berangsung pulih karena regulasi yang dikeluarkan pak Wali, masyarakat harus tetap waspada dengan banjir,” ujar Hakim di BLH Kota Bima, Jumat.
Dikatakannya, secara umum, sujumlah daerah yang menjadi ancaman banjir yakni wilayah selatan meliputi, Daerah Aliran Sungai (DAS) Kodo, Lampe,Dodu. Banjir dari sejumlah lokasi akan mengalir hingga sungai Padolo dan mengancam Kelurahan Paruga dan Dara. Sedangkan bagian utara banjir meliputi Jatiwangi dan Matakando hingga ke muara Kali Romo. “Sungai-sungai itu terus kita pantau, karena selama ini hanya sungai itulah yang menyuplai banjir di Kota Bima,” ujarnya.
Selain berkooridinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakanan (DKPP) dan Dinas Pekerjaan Umum, BLH juga akan terus menyosialisasikan pentingnya ikut menjaga keseimbangan lingkungan hidup. “Upaya pemerintah selama ini kita upayakan maksimal, tapi itu semua kembali kepada kesadaran masyarakat juga menjaga lingkungannya termasuk tidak membuang sampah di sungai,” ujarnya.
Seperti diketahui sebelumnya, beberapa kali, hampir sebagian besar kelurahan di Kota Bima meliputi Kelurahan Paruga dan Dara, saat musim hujan tercatat direndam banjir. Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah utara, yakni Matakenda dan Jatiwangi. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar