Jumat, 23 Oktober 2009

IOM Gelar Lokakarya Imigran Gelap

Kota Bima, Bimeks.-
International Organization for Migration (IOM) menggelar lokakarya tentang imigrasi dan penanganan imigran gelap. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Rasanae Barat diikuti oleh lurah dan sejumlah tokoh masyarakat, Kamis (22/10) lalu.
Camat RasanaE Barat, Ir Jaya Wardana menilai kegiatan tersebut sangat penting. Apalagi Kota Bima menjadi salah satu daerah pesinggahan para imigran gelap dari berbagai negara.
Dikatakkannya, akan menindaklanjuti hasil lokakarya itu dengan menginformasikan pada seluruh lapisan masyarakat agar waspada terhadap orang asing yang gerak-geriknya mencurigakan. Dia juga mengajak pada semua komponen untuk bekerja sama dalam mengungkap keberadaan imigran gelap yang masuk di Kota Bima.
Tim sosialisasi IOM, Arfebby SM, mengatakan Kota dan Kabupaten Bima dipilih sebagai lokasi lokakarya karena daerah ini salah satu tempat transit bagi para imigran gelap. Selain itu dalam kurun waktu dua tahun terakhir pihak kepolisian Polres maupun Polresta Bima telah menangkap imigran gelap diantaranya di Kecamtan Langgudu dan Kecamatan RasanaE Barat.
Selain daerah transit, jelasnya, di perairan Bima juga telah ditemukan imigran gelap tujuan Australia yang terdampar. Mereka sempat ditampung di Losmen Dara. “Kami sangat mengharapkan bantuan dan kerja sama antara pemerintah, kepolisian dan masyarakat Kota Bima dalam mengungkap dan menangani imigran gelap yang mungkin dapat membahayakan Negara,” ujarnya.
Pada Kesempatan itu juga, Kepala Dinas Imigrasi Wilayah Sumbawa, Azis Sutin, mengatakan arus globalisasi yang kuat, seakan-akan Indonesia adalah Negara yang tidak memiliki batasan. Indonesia dijadikan sebagai Negara transit dan salah satu daerahnya adalah perairan Pulau Sumbawa.
Azis berharap, bila masyarakat menemukan imigran gelap atau orang asing yang gerak-geriknya mencurigakan, agar segera melapor pada pihak yang berwajib. “Jangan main hakim sendiri, kita dan mereka semuanya sama,” pesannya. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar