Kamis, 29 Oktober 2009

Pemohon Kartu AK-1 Nihil

Kota Bima, Bimeks.- Pascapenutupan kran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) pada 28 Oktober lalu, sejak Kamis (29/10) minat pemohon kartu pencari kerja (Penaker) atau AK-1 di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Bima nihil. Sejak itu, tidak ada satu pencari kerja yang mengurusnya.
Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan produktivitas dan penepatan tenaga kerja Dinsonaker Kota Bima, Surfil, SH, MH, mengatakan, sejak menjelang pembukaan CPNSD, Dinsonaker tercatat sudah menerbitkan 6.020 kartu pencaker atau AK-1. Sebagian besar dari pemohon kartu itu merupakan lulusan Strata Satu (S1). Sisanya tamatan DIII dan SMK. Lonjakan pengurusan kartu kuning mulai menurun sejak dua pekan terakir. Namun, pascapengumuman hasil seleksi administrasi CPNSD Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu akhir pekan lalu, sejumlah warga dua daerah itu juga ada yang tercatat mengurus AK-1 dua hari terakhir untuk melamar di Kota Bima.
“Saat ini kembali sepi, walaupun hari terakhir penutupan penerimaan lamara ada satu atau dua orang yang mengurus kartu kuning,” ujar Surfil di dinas setempat, Kamis (29/10).
Diperkirakannya, minat pemohon kartu Pencaker akan kembali setelah penerimaan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri oleh sejumlah PJTKI. Secara umum, diakuinya, saat ini untuk tujuan negara Timur Tengah masih menerima TKI. “Untuk Malaysia saja masih masih tidak ada lowongan kerjanya,” katanya.
Dikatakannya, selain sebagai syarat CPNSD, melalui penerbitan AK-1, pemerintah bisa mendata dan mengetahui jumlah Pencaker. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar