Rabu, 28 Oktober 2009

Sebagian Program Prioritas 2009 Ditunda

Kota Bima, Bimeks.-
Sebanyak lima program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tahun 2009 ditunda realisasinya karena keterbatasan anggaran. Antara lain pembangunan gelanggang olahraga mini (GOR) mini Rabangodu. Kenyataan itu dikaui Kasubag Pengendalian Program Bagian APP Setda Kota Bima, Syarif Rustaman, MAP.
Syarif mengakui, awalnya perampungan GOR mini termasuk program prioritas Pemkot Bima tahun 2009, namun menyusul mulai menipisnya anggaran, pemerintah terpaksa melanjutkan pada tahun 2010 mendatang. Seperti yang ditetapkan sebelumnya, pemerintah mengalirkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk GOR mini itu.
“Karena masih ada kegiatan lain yang akan lebih diprioritaskan akan diluncurkan tahun 2010 mendatang tapi walaupun dikerjakan tahun depan, sudah ditenderkan dan malah sudah diumumkan,” ujar Syarif di kantor Pemkot Bima, Rabu (28/10).
Dikatakannya, saat ini pemerintah sedang fokus menggenjot pembangunan kantor Wali Kota Bima. Sesuai yang ditetapkan, batas waktu megaproyek yang dikerjakan PT Jaya Etika Teknik Surabaya itu hingga akhir Desember tahun 2009. Sesuai estimasi, penggunaan anggaran sejak awal pembangunan tahun 2007 lalu hingga rencana penyelesaian bangunan tambahan samping bangunan utama sebesar Rp23 miliar. Selain sebagai kantor Wali Kota Bima, bangunan itu juga terdiri dari Sekretariat Daerah (Setda) dan dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tambahan masing-masing Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) dan Dinas Pendapatan Daerah. “Tahap awal dulu 1,5 miliar, tahap dua 10,75 miliar dan rencana tender 10 miliar,” ujarnya.
Selain dua proyek itu, katanya, sesuai rencana pemerintah, fokus tahun 2010 mendatang pemerintah membangun prasarana kesehatan dan kantor kelurahan masing-masing Rontu dan Panggi. Seluruh rencana pembangunan itu sudah ditender lebih awal. “Untuk masing-masing kantor kelurahan dialokasikan 1,5 miliar,” katnanya.
Seperti dilansir Bimeks awal tahun 2009 lalu, Wakil Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin, menyampaikan, sedikitnya ada lima program prioritas yang akan digenjot oleh pemerintah tahun 2009. Diantaranya, pembangunan kantor Wali Kota Bima, Masjid Raya Al-Muwahiddin, GOR mini Rabangodu, dan sejumlah jalan raya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar