Jumat, 23 Oktober 2009

Hadapi Adipura, Puluhan Bag Sampah Disiapkan

Kota Bima, Bimeks.-
Kendati gagal meraih predikat Adipura tahun lalu, semangat Pemerintah Kota (Pemkot) Bima untuk menyandang status itu belum luntur. Pemerintah melakukan sejumlah terobosan untuk memperoleh penilaian maksimal, salah satunya menyiapkan puluhan bag sampah di sejumlah lokasi.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bima Ir H Abdul Hakim HAR mengatakan, untuk mendukung pemerintah meraih predikat kota Adipura, sedikitnya 20 bag penampung sampah organik dan non organik dipasang di sejumlah lokasi meliputi sekolah, kompleks perumahan dan kantor. “Ada 50 bag sampah, tapi yang baru kita pasang 20 bag hampir di seluruh titik pantau Adipura,” ujarnya di BLH Kota Bima, Jumat (23/10).
Dikatakannya, sesuai jadwal, pemantuan atau penilianan Adipura akan dilakukan tim secara bertahap mulai akhir Oktober hingga November mendatang. Meliputi perumahan, pasar raya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan sungai. Diakuinya, secara umum sejumlah lokasi itu sudah dibenahi pemerintah untuk mendukung Adipura meskipun tahun lalu Kota Bima hampir menempati nomor buntut dalam penilaian tim. “
Perubahannya sudah cukup signifikan, ini kita harapkan bukan saja fisiknya yang berubah tapi kesadaran masyarakat juga, karena aspek non fisik itulah yang paling besar,” katanya.
Hakim mengatakan, selain BLH, sejumlah SKPD terkait seperti DKPP dan Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) juga terus menggenjot penataan fisik Kota Bima. Namun hal itu diakuinya pula harus didikung masyarakat. “Tidak mungkinlah bisa maksimal jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat, walaupun ada semangat tinggi dari pemerintah,” pungkasnya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar