Selasa, 27 Oktober 2009

Semiloka PNPM Mandiri Pedesaan Dihelat

Bima, Bimeks.-
Untuk menjamin keberhasilan program PNPM Mandiri Pedesaan pada tahun 2010, Semiloka PNPM Mandiri Pedesaan dihelat dan diikuti Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima. Kegiatan dibuka Sekda Drs HM Masykur, Senin (26/10), di aula SMKN 3 Kota Bima.
PNPM Mandiri Pedesaan ditujukan bagi peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan, pelembagaan sistem pembangunan partisipatif, pengefektifan fungsi dan peran pemerintah lokal. Selain itu, peningkatan kualitas dan kuatitas prasarana sarana sosial dasar dan ekonomi masyarakat serta pengembangan jaringan kemitraan dan pembangunan. Pelaksana Tugas Kepala (Plt) BPMDes Kabupaten Bima, Drs Akhya Ulumuddin, menyatakan, mulai tahun 2007 pemerintah Indonesia mencanangkan PNPM Mandiri yang terdiri dari PNPM Mandiri Pedesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, dan PNPM Mandiri Wilayah khusus dan desa tertinggal. Tujuannya untuk menanggulangi kemiskinan melalui pendekatan multidisiplin yang berdimensi pemberdayaan dengan memadukan aspek penyadaran, peningkatan kapasitas dan pendayagunaan.
Katanya, strategi yang dikembangkan yaitu menjadikan masyarakat miskin sebagai kelompok sasaran, menguatkan sistem pembangunan partisipatif, dan mengembangkan kelembagaan kerjasama antardesa. Semiloka diharapkan akan diketahui data kegiatan dan proses pengembangan kegiatan itu.
Sekda mengungkapkan, semiloka memiliki arti strategis bagi proses percepatan pembangunan desa. Program PNPM MP-PNPM PISEW telah membuka lapangan kerja. Keberhasilan program PNPM-MP bergantung dari para pelaku usaha (pendamping), oleh karena itu perlu pengembangan dan penajaman program.
Dijelaskannya, tahun 2009 ini merupakan tahap evaluasi kegiatan program PNPM-MP di desa untuk mengetahui apakah sasarannya dapat dirasakan oleh masyarakat atau tidak. Kegiatan PNPM MP menekan jumlah kemiskinan dan pengangguran dapat ditekan disamping pekerjaan fisik desa. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar