Jumat, 23 Oktober 2009

Jumlah Pembuatan AK-1 telah Capai 5.113

Kota Bima, Bimeks.-
Hingga kemarin Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Bima sudah menerbitkan 5.113 kartu pencari kerja (AK-1). Sebagian besar pemohon kartu berwarna kuning itu rata-rata didominasi pelamar Strata 1 Calon pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD).
Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnaker Kota Bima, Surfil, SH, MH, menyebutkan, sejak pembukaan kran pendaftaran CPNSD rata-rata setiap hari SKPD itu menerbitkan hingga 500 kartu pencaker yang seluruh dipastikan pelamar pekerjaan itu.
“Cukup banyak yang mengurus kartu setiap hari, peningkatannya terutama setelah pengumuman oleh pemerintah,” ujar Surfil di dinas setempat, Kamis (22/10).
Dikatakannya, peningkatan itu juga mulai tampak sejak awal September lalu. Sebagian pemohon kartu itu didominasi calon pelamar CPNSD, sisanya untuk kebutuhan melamar di sejumlah peruahaan swasta seperti dealer kendaraaan. Namun kondisi itu mulai menurun sejak beberapa hari teakhir menjelang batas akhir pengajuan lamaran CPNSD 28 Oktober.
“Untuk sekarang kelihatannya mulai menurun baru sekitar 200 kartu yang kita terbitkan, mungkin karena membludak pas hari pertama dan kedua pengumuman,” ujarnya.
Surfil mengatakan, meksipun secara umum, sesuai aturan pemohon bisa mengajuk perpanjangan kartu pencaker.
Sejak peningkatan pengurusan kartu itu hampir tidak ada yang mengajukan perpanjangan kartu itu. Hal itu juga menyusul perubahan model kartu yang diterbitkan pemerintah.
“Kalau dulu untuk kop-nya ada transmigrasinya sekarang tidak ada, selain itu format nama, penddikan dan lainnya menyatu dibagian depan kartu,” katanya. (BE.17)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar