Jumat, 30 Oktober 2009

Disorot, Kasek SMKN 2 Berang

Kota Bima, Bimeks.-
Sorotan Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Kota Bima, Drs Suriadi, MSi, menuai reaksi dari pihak SMKN 2 Kota Bima. Sorotan itu dinilai berlebihan.
Kepala SMKN 2 Kota Bima, Nur Dahlan, SPd, menilai pernyataan itu tidak patut dikeluarkan oleh pembina sekolah menengah. Malah, Nur menganggap pejabat itu telah menghancurkan dunia pendidikan, terutama SMKN 2 Kota Bima.
Nur mengaku sudah mendatangi Dinas Dikpora untuk mengelarifikasi pemberitaan sekolah yang dipimpinnya dan menanyakan kapasitas Suriadi yang terlibat tindakan sabotase pembina upacara, Senin (26/10) lalu. “Apakah ada surat resmi yang menunjuk Suriadi untuk menjadi pembina upacara di SMKN 2 ini? Justru Suriadi yang menurut saya tidak punya etika, dia seharusnya minta ijin dulu sama saya selaku Kasek,” ujarnya.
Dia mengisyaratkan akan mengerahkan seluruh guru SMKN 2 untuk mendatangi Dinas Dikpora, Sabtu (31/10), dan meminta klarifikasi melalui media massa. Katanya, Suriadi tidak melihat torehan prestasi yang diraih SMKN 2 dengan diutusnya siswa untuk tugas belajar ke Jepang.
Seperti diberitakan Bimeks sebelumnya, Kabid Dikmen Dinas Dikpora, Drs Suriadi, MSi, gundah dengan kenyataan aktual SMKN 2 Kota Bima dalam beberapa waktu terakhir. Diisyaratkan, dalam waktu tak lama lagi akan membina guru SMKN 2 berkaitan dengan kedisiplinan dan etika bermasyarakat. “Saya malu dengan sorotan masyarakat terhadap SMKN 2,” katanya di Dinas Dikpora.
Menurut Suriadi, berkaitan dengan disiplin waktu, guru senior harus memberikan contoh yang baik pada yunior dan kemajuan sekolah bergantung pemimpin. Kasek harus memberikan contoh kepada guru dan membina kedisiplinan. “Tanggungjawab besar Kasek untuk memajukan sekolah yang bisa berdaya saing,” katanya.
Suriadi mengisyaratkan akan mengambil langkah-langkah preventif, yaitu dengan pembinaan etika kesopanan guru dalam masyarakat dan meningkatkan kerjasama dengan pengawas untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan.
Dia menilai, kinerja Kasek SMKN 2 jauh seperti yang diharapkan. Kasek seharusnya dapat memajukan pendidikan, bukan malah mundur seperti saat ini. Dia berharap Komite Sekolah mengawasi dan membangun SMKN 2 seperti dahulu. (K02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar