Selasa, 27 Oktober 2009

Kumbe dapat Suntikan Rp46 Juta

Kota Bima, Bimeks.-
Kelurahan Kumbe Kecamatan Rasanae Timur mendapat suntikan dana sebesar Rp46 juta untuk pembangunan infrastruktur dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Pembangunan infrastuktur meliputi pembangunan drainase dan talut sepanjang 295 meter pada wilayah Rukun Tetangga (RT) 18 yang baru dimekarkan.
Fasilitator PNPM-MP, Tamrin, mengatakan untuk membahas pembangunan infrastruktur, Badan Kewasdayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Kumbe mengadakan Musyawarah Persiapan Pelaksana Konstruksi (MP2K) dengan mengundang berbagai elemen masyarakat. Seperti Tokoh Masyarakat, Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), unit Pelaksana Lapangan (UPL), serta Forum Komunikasi Mahasiswa Kelurahan Kumbe (FKMK).
Menurut Tamrin, MP2K yang dilaksanakan oleh BKM Kelurahan Kumbe membahas kesiapan KSM dan UPL. Terutama dalam pelaksanaan program infrastruktur. Selain itu memberi penjelasan kepada masyarakat tentang arah dan tujuan pembangunan serta transparansi dana.
“BKM perlu menginformasikan Rencana Anggaran Belanja kepada masyarakat melalui musyawarah dan papan informasi di lokasi proyek,” katanya di Kelurahan Kumbe, Jumat (23/10).
Tamrin menambahkan pelaksanaan proyek infrastruktur akan dimulai 26 Oktober hingga 10 Nopember 2009. Agar pelaksanaan pembanguan infra tersebut bisa dikontrol bersama, maka Tamrin menghimbau BKM agar mengundang warga setempat. Karena PNPM- MP akan mengevaluasi kembali hasil pembangunan.
Koordinator FKMK, Aci, mengatakan warga pun menyambut gembira adanya pembanguan infrastruktur di lingkungan mereka. Karena sejak pemekaran warga tidak memiliki akses jalan yang layak.
Menurutnya, program seperti itu sangat membantu untuk menata lingkungan sehat. Hanya saja dikeluhkannya pelaksanaan MP2K selama ini tidak pernah melibatkan masyarakat umum. Akibatnya, menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat.
FKMK dan warga berharap agar dilibatkan dalam musyawarah. Sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial. (K03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar